Garut Rengkuh Juara Umum Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran 2019

garutexpress.id- Menjelang berakhirnya tahun 2019, sjumlah seniman Garut mempersembahkan sebuah kado istimeaw untuk harumnya Kabupaten Garut. Kado yang dipersembahkan para seniman ini berupa raihan prestasi terbaik dalam ajang Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran DMAS 2019. Gelaran passanggiri teresebut telah diselenggarakan selama tiga hari di Hotel Delamar Palasari Cipanas, Cianjur  (14-17/11/2019).

Menurut salahseorang seninam Garut, suksesnya para penembang ini tidak terlepas dari bombingan dari salah seorang pelatih sekaligus seniman senior, Drs. Heti Supriyanto.

“Beliau (Heti Supriyanto) sama juga merupakan alumni dalam gelaran DIMAS, beberapa tahun yang lalu. Tembang sunda yang mencakup GPTS Garut ini sengaja menampilkan peserta yang muda-muda. Ini merupkana upaya agar kaum milenial tidak lupa akan seni tradisi dan budayanya,” ungkapnya, Selasa (19/11/2019).

Sementara itu, Ketua GPTS Garut, Rd.Erwin , menguangkapkan, kedepannya GPTS akan senantiasa mengadakan latihan yang rutin. Jadi latihan rutin tersebut bukan hanya akan menghadapai pasanggiri saja.

“Kedepannya GPTS akan senantiasa melakukan laihan yang intensif. Jadi latihan itu tak hanya akan menghadapai pasanggiri saja. Sehingga dengan latihan intensif, dalam waktunya nanti pasanggiri GPTS Garut sudah punya jagoan yang siap mentas,” katanya.

Diungkapkannya, salah seorang motivator sekaligus seniman Garut, yakni Kang Anting Irawan, saat gelaran pasanggiri di Cianjur turut serta memberikan dukungannya.

“Waktu di Cianjur, Kang Anting juga turut serta untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada para peserta.  Dalam situasi apapun dan bagaimana pun, harus tetap tetap berangkat demi mengangkat derajat  Garut melalui seni.  Alhamdulillah tim tembang Garut menjadi jawaranya sebagai juara umum. Kesuskesan ini tentunya berkat kerjasama dan dorongan semua pihak ,” ungkapnya.

Berikut deretan prestasi para penembang Garut yang berhasil merengkuh prestasi terbaiknya dalam gelaran pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran  DAMAS 2019 di Hotel Delamar Palasari Cipanas, Cianjur  (14-17/11/2019) di antaranya : Juara ke 1 putra : Opik, Juara ke 1 putri : Puji, Juara ke 3 putra : Gilang, Juara ke 4 putra : Rana,  Juara terbaik ‘Dedegungan’ : Gilang, Juara Terbaik ‘Rancagan’ : Puji, Juara Terbaik ‘Kakawen’ Opik. (*)

Penulis : Kang Cep


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here