Fikom Uniga Raih Peringkat 5 Sinta Jurnal Komunikasi dari Kemenristekdikti

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi sekaligus Pemimpin Redaksi Jurnal Komunikasi Uniga Dr. Zikri Facrul Nurhadi, M.Si saat menerima sertifikat Peringkat Lima Jurnal Komunikasi di Hotel Grand Sahid Jakarta, senin (25/11) Foto : (Istimewa)

Garutexprees.id – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut (Fikom Uniga) mendapatkan peringkat Sinta 5 dari Kementerian Riset, Tekhnologi dan Perguruan Tinggi (Kemenrisetdikti) Republik Indonesia, tepat pada Hari Guru, Senin (25/11).

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik itu secara resmi digelar di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Sebagai bentuk apresiasi terhadap pengelola jurnal yang telah berhasil meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi yang ditetapkan.

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro, mengatakan publikasi ilmiah saat ini memegang peranan sangat penting sebagai bukti pertanggungjawaban ilmiah dan media komunikasi hasil penelitian sehingga dapat dikenal luas secara global.

“Jurnal ilmiah juga merupakan wahana publikasi ilmiah agar karya ilmiah dapat diakui keberadaan dan dampaknya. Publikasi di jurnal ilmiah saat ini menjadi suatu kewajiban bagi pejabat fungsional dosen, peneliti, perekayasa, serta fungsional lainnya sebagai persyaratan kenaikan dan mempertahankan jenjang jabatan serta mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan. Hal tersebut berdampak pada peningkatan kebutuhan jurnal terakreditasi dan terindeks di pengindeks bereputasi internasional,” ujar Menristek/Kepala BRIN dalam acara tersebut.

Sertifikat Peringkat Lima Jurnal Komunikasi tersebut langsung diterima oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Uniga Dr. Zikri Facrul Nurhadi, M.Si.

Ia menyampaikan, pemberian sertifikat Jurnal Komunikasi Uniga itu berdasarkan hasil penilaian dan kepatuhan jurnal ilmiah dari kemenristekdikti yang menjadi kewajiban seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Raihan Fikom Uniga itu menurutnya menjadi penguat kelembagaan Prodi Ilmu Komunikasi Uniga dan capaian ini merupakan hasil kerja keras bersama dan seluruh dukungan dari lembaga khususnya Dekan Fikom Uniga, Prof.Dr. Hj. Ummu Salamah, M.S beserta wakil dekan dan jajaran Dekanat.

Ia berharap dengan diberikannya kepercayaan oleh Kemenristekdikti sebagai jurnal yang terakredisi, dapat menumbuhkan gairah menulis.

“Hal ini akan sangat membantu dan memudahkan bagi dosen dalam pengajuan jabatan fungsional dan meningkatkan pemeringkatan dalam bidang penelitian dalam hal ini Universitas Garut,” Tutur Pria lulusan Doktor Komunikasi Unpad itu.

Berikut laman Jurnal Komunikasi Fikom Uniga : https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/

Penulis : Sidqi Al Ghifari
Editor : Sidqi Al Ghifari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here