Efisiensi Birokrasi, Pemkab Garut akan Gabungkan Sejumlah Dinas

garutexpress.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan menggabungkan sejumlah dinas seperti yang telah dicanangkan pemerintah pusat untuk mengefisiensikan birokrasi agar lebih mudah dan cepat dalam memberikan pelayananan publik.

“Ya nanti ada beberapa (dinas) yang hilang untuk digabung menjadi satu dinas,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Senin (4/11/2019).

Ia menuturkan, rencana perampingan birokrasi di Garut itu merupakan tindak lanjut dari kebijakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam menyusun kerja birokrasi agar lebih efektif.

Ia menyebutkan, beberapa dinas yang kemungkinan dihilangkan dan dijadikan satu dinas yakni seperti Dinas Pemadam Kebakaran Garut digabungkan di Satuan Polisi Pamong Praja.

“Jadi ada yang dirampingkan misalkan Damkar ke Satpol PP, Dinas Sosial disatukan dengan dinas masyarakat desa,” katanya.

Namun perampingan di lingkungan Pemkab Garut itu, kata dia, tidak akan sembarangan, terlebih dahulu dilakukan kajian dan disesuaikan dengan perampingan yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

“Kita ngikutin pusat, seperti sekarang Kementerian Pertanian dan Peternakan, nanti di sini disatukan lagi,” ujarya.

Seluruh pegawai staf maupun jajaran pejabatnya yang dinasnya digabung akan mengisi jabatan kepala atau staf tingkat bidang dan seksie, kecuali kepala dinasnya akan ditempatkan pada jabatan fungsional. “Untuk pegawai staf nanti akan kerja di bidang,” katanya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here