DT Peduli Garut ‘Launching’ Desa Tangguh di Kampung Cimanglid

garutexpress.id- Sebagai sebuah Lembaga Amil Zakat Nasional, DT Peduli boleh dibilang Lembaga Nirlaba yang bergerak di bidang penghimpunan (Fundraising) dan pendayagunaan dana zakat, Infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWA).

Didirikan sejak 16 Juni 1999 oleh ulama kharismatik KH Abdullah Gymnastiar sebagai bagian dari Yayasan Daarut Tauhiid dengan tekad menjadi LAZ yang amanah, profesional dan jujur berlandaskan pada ukhuwah Islamiyah.

Selama ini program program yang digulirkan DT Peduli senantiasa merujuk pada ketentuan hukum syara dengan mengedepankan pemberdayaan umat.  Sehingga umat, khususnya kalangan dhuafa dapat teredukasi dan menjadi umat yang mandiri.

Salah satu program pemberdayaan umat unggulan di antaranya ‘Desa Tangguh.’ Untuk program yang satu ini, DT Peduli Garut baru saja menggelar peluncuran (Launching). Prosesi launching Desa Tangguh berlangsung di kompleks Masjid Jami Al Barokah kawasan Kampung Cimanglid, Desa Padamulya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Rabu (27/11/2019).

Prosesi Launching Desa Tangguh di Kampung Cimanglid dihadiri beberapa pihak terkait, di antaranya H. Herman M.Sos (Direktur Utama DT Peduli), Tata Sumitra (Perwakilan Donatur Laz dan BDI Panas Bumi Darajat), Ustadz Asep Suparman (tokoh masyarakat), Odik Sodikin S.Sos (Camat Pasirwangi) serta Ustadz Nanang Abdul Aziz (Kepala Unit DT Peduli Garut).

Menurut Ustadz Nanang Abdul Aziz, program Desa Tangguh di Kampung Cimanglid ini merupakan pilot project, atau proyek percontohan untuk wilayah Kabupaten Garut. Ternak tangguh dan UKM tangguh adalah program-program yang akan dibina dan terus dikembangkan di dalam ‘Desa Tangguh’

“Alhamdulillah, akhirnya kami (DT Peduli Garut) bisa launching program Desa Tangguh di Kampung Cimanglid hari ini. Desa Tangguh di Kampung Cimanglid ini merupakan pilot projet di Kabupaten Garut. Mudah-mudahan dengan izin Allah (SWT) bisa berjalan sesuai harapan, dan bekesinambungan serta mendapatkan dukungan semua pihak, khususnya para donatur,” ungkapnya.

Ustadz Nanang menambahkan, selain membina umat dengan berbagai program pemberdayaan umat, DT Peduli juga senantiasa membina masyarakat untuk bepergang teguh pada prinsip tauhid. Diharapkannya, dengan pembinaan dari DT Peduli ini dapat terwujud masyarakat mandiri yang berakhlakul karimah.

“Tentunya, tak hanya pembinaan pemberdayaan ekonominya saja yang diberikan terhadap masyarakat. Kami (DT Peduli) juga mengedukasi masyarakat dengan tauhid, harapannya akar terbentuk masyarakat mandiri yang berakhlakul karimah,” katanya.

Bagi masyarakat Garut yang hendak menyalurkan atau berkonsultasi terkait dana Infaq, shadaqah dan wakaf, bisa menghubungi call center di nomor 0822 17 18 0001. Atau bisa datang langsung ke kantor DT Peduli Garut di Ruko Gold Land Estate, Blok A3. Jalan Karacak, RT 06/09, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.(*)

Penulis : Kang Cep


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here