Didominasi Obat Terlarang, Kejari Garut Musnahkan Barang Bukti Kejahatan

Garutexpress.id – Kejaksaan Negeri Garut memusnahkan barang bukti tindak kejahatan yang sudah memiliki putusan hukum tetap. Dalam pemusnahan yang dilakukan di halaman Kantor Kejari itu, didominasi jenis obat-obatan terlarang.

Semua barang bukti dimusnahkan dengan cara direbus, dibakar dan ada juga yang dipotong dengan alat potong besi. Disaksikan unsur Muspida Garut kegiatan pemusnahan barang bukti tindak kejahatan berjalan lancar.

Kepala Kejari Garut, Azwar, SH saat melakukan pemusnahan obat terlarang dengan cara direbus di halam Kejari Garut, Rabu (27/11/2019).

Kepala Kejari Garut, Azwar, SH, mengatakan acara pemusnahan Barbuk tindak kejahatan itu disaksikan sejumlah unsur Muspida dan instansi yang ada di Garut. Tujuannya agar tidak ada fitnah dalam pelaksanaan pemusnahan.

“Tujuannya agar ada transfaransi kepada masyarakat. Agar mereka tidak bertanya-tanya barang bukti ini dikemanakan,” kata Azwar usai melakukan pemusnahan, Rabu (27/11/2019).

Azwar menambahkan, barang bukti yang dimusnahkan didominasi oleh obat-obatan terlarang. Nanun ada juga barang bukti uang palsu, senjata tajam dan sejumlah alat yang digunakan untuk kejahatan.

Secara rinci, Azwar menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan sebagai berikut:
1. Daun Ganja Kering sebanyak 1.151,38 gram
2. Shabu-shabu seberat 1,51 gram.
3. Obat-obat terlarang 22 jenis.
4. Tembakau gorila 18 paket
5. Uang palsu Rp 3.300.000
6. Senjata tajam dan
7. Alat komunikasi berupa handphone dan smart phone.

Azwar mengatakan, untuk barang bukti jenis ganza pemusnahannya dengan cara dibakar. Sementara untuk obat-obatan terlarang dengan cara direbus.

Sementara barang bukti senjata tajam dipotong dengan alat khusus. Dan sejumlah handphone dihancurkan dengan cara dipecahkan menggunakan kapak.

Azwar menambahkan, barangbukti yang dimusnahkan tahun ini jumlahnya berkurang jika dibandingkan tahun sebelumnya. (MHI)***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here