Bebas Buta Huruf 99 %, Garut Jadi Tuan Rumah Peringatan HAI 2019

Solih (Kepala Bidang Paud dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Garut)***

garutexpress.id- Tahun ini (2019) Kabupaten Garut dipercaya menjadi tuan rumah untuk peringatan Hari Aksara Nasional (HAI) ke 54 tingkat Provinsi Jawa Barat. Peringatan HAI tingkat Provinsi Jawa Barat akan dihelat pada 12 -14 November 2019 di Alun-alun Garut.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Paud dan Dikmas pada Dinas Pendidikan Garut, Solih, saat djimpai beberapa wartawan di kantornya, Rabu (06/11/2019).

“Kegiatan HAI tingkat Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk memberantas buta aksara. Selain itu, nantinya setiap peserta yang datang dari 27 Kabupaten/Kota akan menggelar stand,” ujarnya.

Dikatakannya, setiap peserta nantinya bisa menyampaian capaian kinerja, khususnya untuk pemberantasan buta huruf yang selama ini manjadi program pemerintah.

“Alhamdulilla, untuk Kabupaten Garut, hampir sekitar 99 persen masyarakatnya sudah bisa mengenali huruf,” tukasnya.

Solih menjelaskan, HAI juga bertujuan mengevaluasi program secara keseluruhan di setiap Kabupaten/ Kota melaluai stand pameranya.

“Nantinya para peserta akan memaparkan capaian kinerjanya.  Baik menyangkut kinerja pemeberantasan buta aksara, peningkatan rata -rata lama sekolah,  bidang Pendidikan Usia Dini ( PAUD) dan Pendidikan Masyarakat ( Dikmas), ” ungkapnya.

Menurut Solih, dari data BPS Kabupaten Garut sudah terbebas dari buta aksara dan sekarang hampir 90 persen warga Garut sudah bisa baca tulis. Sementara itu, dalam peringatan HAI nantinya akan dikonsep bukan sekedar seremonial belaka.

“Konsep peringatan HAI 2019 bukan sekadar seremonial. Panitia lokal dan provinsi sudah mempersiapkan berbagai kegiatan yang dinilai bisa membangkitkan semangat perjuangan pendidikan dalam memberantas buta huruf,” pungkasnya. (*)

Penulis : Zian

Editor    : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here