Baru Berdiri 6 Tahun, SMP IT Al Kafi Torehkan Prestasi Tingkat Jabar

garutexpress.id- Keberadaan SMP IT Al Kafi seolah menjadi oase dunia pendidikan di Kampung Radug, Desa Karyajaya, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Bagaimana tidak, selama ini di kawasan tersebut minat orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah lanjutan pertama sangatlah minim. Selain karena faktor ekonomi, di kawasan tersebut banyak anak-anak usia sekolah lebih memilih bekerja atau berdagang untuk membantu orang tuanya.

“Ya, memang sebelum adanya SMP IT Al Kafi, di kampung kami banyak anak-anak yang seharusnya sekolah malah bekerja, atau berdagang. Hal tersebut mungkin karena faktor ekonomi orang tuanya,” ungkap Ustadz Muslim, S,Pd.I., yang merupakan Kepala SMP IT Al Kafi, saat dijumpai garutexpress.id, di kediamannya, Minggu (17/11/2019).

Pelajar SMP IT Al Kafi foto bersama kepala dan guru pembimbing SMP IT Al Kafi, usai menjuarai lomba Tahfidz Qur’an dalam gelaran Festival Siswa Berbakat (FISBA) tingkat SMP se Kabupaten Garut di SMPIT Situwangi Boarding School yang berlokasi di Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, belum lama ini.***

Namun, sejak keberadaan SMP IT Al Kafi, yang didirikan sejak tahun 2013, minat belajar dan sekolah anak-anak di kawasan Desa Karyajaya kembali bergairah. Meningkatnya minat orang tua untuk melanjutkan anak-anaknya bersekolah ke tingkat SMP ini tidak terlepas dari upaya dan dedikasi pengelola SMP IT Al Kafi yang dipimpin Ustadz Muslim.

Meski sekolah ini full gratis, namun pengelolaan sistem KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di SMPIT Al Kafi cukup baik.  Sehingga, sekolah yang kini memiliki 194 peserta didik ini mampu mencetak siswa siswi prestatif. Hal ini dibuktikan, dengan beberapa raihan prestasi yang telah ditorehkan siswanya, baik prestasi akademis maupun non akademis.

TIM Paskibra SMPIT Al- Kafi foto bersama Kepala SMP IT Al-Kafi (Ustadz Muslim, S.Pd.I.) di halaman sekolah mereka, baru-baru ini.***

“Memang, di SMP IT Al Kafi, biaya sekolahnya ditanggung pengelola (gratis) dan stimulus dari pemerintah melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Meskipun dengan keterbatasan dana, kami (SMP IT Al Kafi) tetap berupaya mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Dan itu, cita-cita kami sejak sekolah ini didirikan enam tahun yang lalu,” tutur Muslim yang juga dikenal sebagai tokoh pemuda setempat.

Bukti keberhasilan SMP IT Al Kafi yang terbaru di antaranya meraih juara ketiga dalam LKBB (Lomba Keterampilan Baris Berbaris) Caraka (Cara Paskibra Adu Kreasi) tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di SMA 8 Garut pada 2 November 2019 lalu.

Sebelumnya, para peserta didik SMP IT Al Kafi juga membuktikan kemampuannya meraih prestasi terbaik dalam ajang Festival Siswa Berbakat (FISBA) tingkat SMP se Kabupaten Garut yang digelar di SMP IT Situwangi Boarding School yang berlokasi di Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Bahkan, dalam perlombaan tersebut, siswa SMP IT Al Kafi menjadi juara 1 Tahfidz Qur’an.

“Alhamdulillah, dengan semangat belajarnya anak-anak bisa menunjukan prestasi yang cukup membanggakan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran aktif para guru di SMP IT Al Kafi yang senantiasa mendidik dan membimbing anak-anak dengan dedikasi tinggi dan ketulusannya. Meskipun para guru di sini (SMP IT Al Kafi) hanya diberikan honor alakadarnya. Insya Allah, dengan kemampuan yang ada kami akan terus berupaya membangun dunia pendidikan ini lebih baik lagi,” ungkapnya. (*)

Penulis : Kang Cep.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here