Anggaran BTT Rp 23 Miliar, Bupati Siap Bantu Korban Tanah Retak

Rudy Gunawan-Bupati Garut.***

garutexpress.id- Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan, Pemerintah Kabupaten Garut siap mengucurkan dana dari Biaya Tak Terduga (BTT) tahun anggaran 2019. Bantuan tersebut akan segera dikucurkan untuk menanggulangi bencana alam tanah retak di Kecamatan Cikajang, Garut.

“Bisa juga (dana bantuan) digunakan untuk korban di sana (Cikajang),” ujar Rudy, kepada beberapa awak media, Senin (4/11/2019).

Dikatakannya, Pemkab Garut masih memiliki sisa anggaran BTT sebesar Rp 23 miliar yang dapat digunakan untuk penanggulangan bencana alam di Garut.

“Dana yang masih tersisa banyak itu bisa digunakan untuk kebutuhan yang mendesak atau tak terduga seperti bencana alam. Sisanya banyak karena memang saat ini tidak ada bencana besar,” katanya.

Dijelaskannya, Pemkab Garut selama ini sudah mengucurkan dana yang bersumber dari BTT untuk penanganan bencana alam seperti longsor dan banjir pada musim hujan.

“Pemkab Garut juga sudah mengucurkan dana tanggap darurat bencana kekeringan pada musim kemarau sebesar Rp 1,5 miliar. Bahkan membantu Kota Ambon yang dilanda bencana gempa bumi sebesar Rp 200 juta,” ungkapnya.

Jika BTT yang tersisa sebesar Rp23 miliar itu tidak habis sampai akhir tahun, kata Bupati, maka akan dimasukan ke sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) APBD Garut tahun 2019. “Kalau tidak habis tahun sekarang akan Silpa,” katanya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here