Terdampak Tanah Retak, Puluhan Warga Sukasari Dievakuasi

garutexpress.id- Puluhan warga Kampung Sukasari, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, yang terdampak bencana tanah retak hari ini dievakuasi.

Dipindahkanya warga sekitar bencana tanah retak bukan tanpa alasan. Menurut Wakil Bupati Helmi Budiman pemindahan warga terdampak dikhawatirkan terjadinya longsor dari sekitar retakan tanah.

“Hari ini saya perintahkan untuk melakukan evakuasi, karena khwatir terjadinya longsor akibat retakan tanah,” ucap Helmi usai mengikuti salah satu kegiatan di Gedung Intan Balarea, Kamis (31/10/2019).

Evakuasi kata Helmi sudah mulai dilakukan, warga terdampak ada yang pindah ke tempat evakuasi ada juga yang pindah ke sanak sodara.

“Karena retakan tanah sudah cukup mengkahawatirkan. Posisinya juga berada di lereng tebing jadi kita evakuasi yang dekat lokasi retakan,” ucapnya.

Pihaknya juga melakukan berbagai langkah-langkah prefentif untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Helmi juga sudah menugaskan dari BPBD, Dinas Sosial untuk langsung melakukan pengecekan lapangan secara langsung.

Dirinya juga berdecak kagum bahwa masih ada beberapa jenazah yang sudah 10 tahun lebih tapi kondisinya masih utuh. “Masyarakat kita itu banyak yang soleh, ketika diangkat seorang itu ringan. Tapi kalau kondisinya saya tidak tahu persis,” ucapnya.

Dirinya juga mengapresiasi kepada masyarakat yang aktif yang langsung merelokasi jenazah yang berpotesi terkena dampak longsor. (*)

Penulis  : FW

Editor    : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here