Semarak Sumpah Pemuda- Gebayar Pramuka PKLK 2019 di Cilampuyang Malangbong

garutexpress.id- Puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda bersamaan dengan pembukaan Gebyar Pramuka PKLK (Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus) 2019 digelar di ADB Desa Cilampuyang, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Senin (28/10/2019).

Kegiatan tersebut berlangsung semarak dengan diikuti ratusan peserta SD, SMP, SMA SLB se Jawa Barat. Tercatat ada 540 siswa bersama pendamping tiap lembaga dari 27 Kabupaten se Jawa Barat.

Ketua pelaksana kegiaatan, Tamudin, S,Pd, mengatakan gebyar pramuka ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia sekaligus menambah pengetahuan, keterampilan danperngamatan serta mempererat tali persaudaraan antar anggota pramuka.

“Semua kegiatan ini memiliki tujuan mengukur kemampuan untuk membentuk manusia berkualitas dan berakhlak mulia dengan meningkatkan kretivitas, kedisiplinan dan kemandirian. Hari ini kita membuka gebyar pramuka PKLK yang akan digelar selama empat hari kedepan (28-31/10/2019). Hari ini juga bersamaan dengan momentum peringatan sumpah pemuda tahun 2019. Semoga hal ini bisa menambah motivasi dan semangat peserta,” ungkapnya.

Peringatan Sumpah Pemuda dan Gebyar Pramuka 2019 dengan tema ‘Menuju Kemandirian Melalui Pendidikan Karakter’ ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dengan hadirnya Wakapolres Garut, Kompol Abdul Kholik serta Kasdim 0611 Garut Mayor Inf Hamzah Budi Santoso, SE.

Wakapolres Garut, Kompol Abdul Kholik memberikan dukungan penuh kegiatan pramuka yang digelar di kawasan Malangbong ini. Diharapkannya kegiatan pramuka ini  bisa terus meningkatkan berbagai kegiatan positif seperti halnya pramuka.

“Tentunya kita mensuport berbagai kegiatan pisitif, seperti halnya gebyar pramuka ini. Semoga dengan hari sumpah pemuda dan gebyar pramuka ini menjadikan semangat para pemuda untuk mmewujudkan karya posotif dan kreatif untuk bangsa ini,” katanya.

Sementara, Kasdim 0611 Garut Mayor Inf Hamzah Budi Santoso, dalam kesemtana ini mendapat kehormatan untuk membacakan sambutan Hari Sumpah Pemuda ke 91 (2019) dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Melalui amanat Menteri Pemuda dan Olahraga, Kasdim mengatakan, Pemuda merupakan pelopor kemerdekaan, sekaligus tonggak utama dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Tema yang diusung saat ini, sangat tepat. Tema Bersatu Kita Maju, telah membawa kembali komitmen untuk meningkatkan Persatuan dan Kesatuan,” tandasnya. (*)

Penulis : Ags’s

Editor   : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here