Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan Test CPNS Cat 2019

garutexpress.id- Sedikitnya 250 orang peserta mengikuti pelatihan Test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pendopo Kabupaten Garut, Sabtu (19/10/2019). Kegiatan tersebut diselenggarakan Forum Aliansi Guru dan Karyawan (Fagar) bekerjasama dengan Vision Center.

Dalam kegiatan tersebut, dua orang dosen dari universitas ternama dilibatkan untuk memberikan pelatihan, bimbingan dan cara jitu cepat menjawab soal untuk bisa lulus Test CPNS Cat 2019.

Acara yang digelar terbuka untuk umum ini juga memberikan peserta simulasi tentang Tes Fasilitas Handout materi 35 halaman, Dua software aplikasi CAT CPNS, dengan materi kisi-kisi CAT CPNS, sertifikat dan makan. Untuk mengikuti kegiatan ini para peserta diwajibkan membawa laptop atau android.

Sedangkan materi yang diterima pasa peserta simulasi CAT CPNS kali ini di antaranya, penjelasan mekanisme dan prosedur pendaftaran CPNS Online 2019, kiat sukses ujian CPNS 2019 disertai tips dan trik pemilihan lowongan CPNS dan pengisian soal ujian, praktek simulasi ujian CAT (Computer Asissted Test) CPNS 2019 dan yang terakhir materi yang disampaikan tentang pembahasan ujian CPNS 2019.

“Dua orang narasumber yang diundang pada kegiatan ini yakni Ade Iwan Ridwanullah, S.Sos, M.Sc, Direktur Vision Center sekaligus Dosen UIN SGD Bandung. Sedangkan pemateri kedua, yakni Riva Lesta Ariany, S.Pd., M.Pd, Dosen dari UIN Bandung,” ujar Ketua Pelaksana, Dudi Samsul Arifin.

Sementara itu, Ketua Fagar Kabupaten Garut, Cecep Kurniadi mengatakan, selain ajang silaturahmi, acara ini juga merupakan pembekalan untuk para peserta yang hendak mengikuti tes CPNS.

“Pelatihan test CPNS ini bukan hanya ajang silaturahmi dan pembekalan saja. Tetapi menjadi modal bermanfaat untuk test CPNS yang akan dilaksanakan nanti,” katanya.

Dikatakannya, test CPNS tahun ini lebih berat daripada tahun lalu. Kuota CPNS untuk kesehatan dan pendidikan harus sesuai dengan passing grade. Berbeda dengan tahun lalu, apabila nilainya tidak mencukupi, tetapi bisa disesuaikan dengan formasi. Peserta harus hati-hati mengisi soal pada pelaksanaan test CPNS.

“Melalui pelatihan ini minimal peserta bisa terbiasa mengisi soal. Semoga dalam pengisian soal nanti, yang biasanya satu soal itu dikerjakan dalam hitungan menit. Maka setelah pelatihan diharapkan bisa mengerjakan soal dalam waktu hitungan detik,” pungkasnya. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor  : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here