Puluhan Penderita ODGJ Dihadirkan Saat Peresmian Klinik Atma

garutexpress.id- Pemda Garut melalui dinas kesehatan memberikan layanan pemeriksaan gratis kepada 40 puluh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Klinik Atma, Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten  Garut.

Layanan cuma-cuma ini bertepatan dengan momen peresmian klinik yang dibuka secara langsung oleh wakil bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Selasa, (22/10/2019).

Menurut Wabup, hadirnya klinik jiwa ini merupakan inovasi Pemda (Garut) dalam upaya memberikan pelayanan terjangkau kepada sejumlah pasien ODGJ di Kabupaten Garut. Pengelolaan klinik inipun diawali secara serius dengan mendatangkan tenaga medis dari RS Dr.Marzuki Bogor.

Penamaan klinik ini dengan nama Klinik Atma,  disematkan Helmi secara spontanitas diatas panggung peresmian. Dipilihnya kata “Atma”, kata wabup, merupakan upaya menjaga privasi atau kehormatan pasien agar tidak sungkan untuk datang berobat.

Dengan dibukanya layanan ODGJ di Klinik Atma, Helmi berharap tidak terjadi lagi kasus pemasungan ODGJ oleh pihak keluarga. Disebutnya keberadaan klinik khusus penanganan kejiwaan ini akan segera tersosialisasi kepada masyarakat melalui seluruh PKM yang ada di Kabupaten Garut.

“Tidak boleh ada pasung – pasungan lagi. Periksa, jangan sungkan untuk berobat kesini. InsyaAlloh kami sudah siapkan berbagai layanan kemudahan, semisal pasilitas kemitraan dengan BPJS. Yang penting datang dan periksakan dulu saja kesini, jangan ada kasus pasung lagi,” tegasnya.

Pada saat peresmian, sejumlah alat kesehatan dan sarana penunjang lainya belum tampak tersedia. Kendati demikian, wabup menjamin sejumlah sarana kelengkapan akan segera didatangkan agar pelayanan Klinik Atma ini dapat segera berjalan optimal. “Sambil berjalan saja, pasti lain halnya akan segera kita lengkapi,” tambahnya.

Layanan kepada sejumlah pasien ODGJ dihari peresmian tersebut dihadiri sejumlah tamu undangan dari kalangan masyarakat, Porkopimcam, pihak Dinkes serta jajaran tenaga medis dari RSUD Dr Slamet Garut. (*)

Penulis  :  Doni Melody

Editor     : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here