Pendaftar Lebih dari 5, Sejumlah Balon Kades di Garut Harus Ikut Seleksi

garutexpress.id- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut terus melakukan sosialisasi tahapan dan teknis Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III. Gelaran Pilkades serentak ini dijadwalkan berlangsung pada 5 November 2019.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) DPMD Garut, H.Fahmi Fauzi. S.STP., M Si., para Camat dan Panitia Pilkades tingkat desa yang akan melakukan seleksi keterkaitan Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) yang lebih dari 5 pendaftar.

Kabid Pemdes DPMD Garut menyebut akan melaksanakan seleksi pada tahapan Bakal Calon (Balon). Tercatat, sekitar 170 orang balon kades dari 28 Desa di 24 Kecamatan, se Kabupaten Garu ada pendaftar yang melebihi kuwota (5 orang).

“Ada kurang lebih 170 orang akan mengikuti seleksi Bakal Calon ini,” katanya.

Sementara itu, bantuan keuangan untuk anggaran Pilkades dari APBD Kabupaten Garut, jumlahnya sebesar Rp 7 000 per hak pilih. Jumlah bantuan yang dikucurkan tergantung jumlah hak pilih masing-masing desa.

“Untuk masalah seleksi secara teknis panitia tingkat desa menyampaikan kepada para bakal calon di desa masing-masing. Dan saya juga menekankan kepada panitia dalam melaksanakan tahapan Pilkades tetap berpatokan pada Perbup, Perda dan peraturan diatasnya,” ungkapanya.

Kepala DPMD Garut, H Aji Sukarmaji, M.Si., mengatakan, seleksi untuk bakal calon Kepala Desa bagi yang melebihi 5 pendaftar, akan dilaksanakan pada Selasa 15 Oktober 2019 di masing-masing Kecamatan.

“Untuk soal seleksi ini menjadi tanggung jawab panitia Pilkades tingkat Kabupaten, nanti akan mengirimkan ke panitia Pilkades ditingkat desa, agar menjamin kerahasiaan, supaya tidak timbul permasalahan,” kata Aji, saat menyampaikan materi dalam sosialisasi tahapan pilkades di Aula DPMD Garut, Jum’at (11/10/2019). (*)

Penulis : Useu G Ramdani
Editor : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here