Ni’am Siap Dedikasikan Hidupnya Demi Kemajuan Desa Mekargalih

Muhammad Ni’am- Calon Kades Mekargalih.***

garutexpress.id- Pilkades serentak di Kabupaten Garut akan dilaksanakan pada 5 November 2019. Saat ini pilkades serentak memasuki tahap kampanye umum, setelah sebelumnya para caln kades ditetapkan nomor urutnya.

Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut merupakan salah satu Desa yang akan menggelar Pilkades serentak dengan lima calonya. Dari lima calon Kades Mekargalih, Muhammad Ni’am menjadi salah satu kandidat termuda yang maju dengan nomor urut 5.

Ni’am  merupakan putra sesepuh Pondok Pesantren Al-Falah Biru yang lahir di Desa Mekargalih, yang berlokasi di  RT 01/ RW 06. Melalui pilkades inim dirinya termotivasi ingin lebih memajukan dan mengembangkan tanah kelahirannya.

“Mewujudkan Desa Mekargalih yang maju, sehat, mandiri, sejahtera dan berdaya saing merupakan bagian dari visi dan ikhtiar saya ke depan. Hal itu tentunya membutuhkan dorongan dan kerjasama yang sinergis antara pemerintah desa dengan warganya,” ujar putra keempat dari pasangan KH Adang Saepudin (alm) dan Hj. Neneng, saat djumpai garutexpress.id, belum lama ini.

Ni’am bertekad akan mendedikasikan segenap pikiran, waktu, tenaga demi kemajuan Desa Mekagalih yang berpotensi pada kemandirian dan kesejahteraan.

Ditambahkannya, dirinya berjanji akan berupaya melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sejumlah program pendidikan berbasis keagamaan maupun beasiswa untuk sekolah umum.

“Berkembangnya suatu daerah tentu diperlukan penguatan SDM yang berdaya saing. Untuk itu saya akan mengembangkan dan meningkatkan program-program yang sebelumnya sudah berjalan oleh Plt Desa Mekargalih (Idad Bahrudin),” ungkapnya.

Ni’am berharap kedepan dirinya mengajak warganya untuk berdzikir dan bersolawat untuk menuju Desa Mekargalih yang bal’datun thoyi’batun warrabun ghafur demi peningkatan SDM di Mekargalih seiring sejalan dengan karakter moral yang sudah bangun di Kabupaten Garut.

“Atas semangat, dorongan dan dukungan yang luar biasa dari warga Mekargalih, ini adalah bagian motivasi  untuk semakin mengokohkan  dalam memperjuangkan  visi dan misi saya,” tandasnya.

Dikatakannya, dalam misi menjalankan roda pemerintahan desa (Mekargalih) ia akan melanjutkan program-program Pemerintah Desa Mekargalih yang sebelumnya dijabat oleh Plt Kades Mekargalih (Idad Bahrudin) sebagaimana tercantum dalam dokumen RPJMDes Desa Mekargalih, sebagai bagian kesinambungan program kerja.

Disamping itu, dirinya juga akan berupaya memberdayakan potensi masyarakat yang meliputi SDM, terutama perempuan dan lembaga karang taruna, pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA) serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Misi lain, yakni mencoba mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintah desa. Di antaranya dengan melaksanakan pembangunan desa yang berkesinambungan dengan mengedepankan musyawarah dan gotong-royong.

“Dari potensi yang ada di Desa Mekargalih, saya beserta perangkat desa juga bersama warga akan membangun dan meksimalkannya agar lebih terasa manfaatnya. Kemajuan Desa Mekargalih adalah kemajuan bagi warganya,” katanya.

Ia menilai, salah satu solusi dalam untuk mengurangi keinginan masyarakat desa  untuk bekerja ke perkotaan adalah dengan meningkatkan ekonomi pedesaan.

“Dengan dukungan pemerintah, program peningkatan ekonomi desa sangat diperlukan. Hal ini sangat strategis bila dikembangkan kelak, sebab akan menjadi sumber pendapatan bagi warga,” ujarnya.

Ia mengamati tidak sedikit sumber yang dapat digali dari potensi yang ada di antaranya mengembangkan produk usaha masyarakat, pengembangan di sektor pertanian, mengelola desa wisata dengan potensi yang dimiliki juga mengembangkan sarana olahraga.

“Sinergitas antara stake holder khususnya yang berada di Desa Mekargalih sangat dibutuhkan, proses itu perlu dibangun dalam semangat kebersamaan dan gotong-royong,” harapnya.

Ditegaskannya, demi pencapaian visi misi itu diperlukan dukungan semua pihak khususnya peranan warga. Hingga kini, dalam tahapan yang dilalui pada Pilkades Mekagalih semua calon telah menyiapkan visi misi untuk memikat suara warganya.

Jajaran panitia pemilihan Kepala Desa Mekargalih pun telah mensosialisasikan agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan dengan baik dan benar. Selain itu, Panitia pun mengajak masyarakat mensukseskan Pilkades Mekargalih dengan aman, damai, jujur adil dan transparan.

“Selain itu, kami akan meningkatkan profesionalisme pelayanan publik khusnya warga Desa Mekargalih dan meningkatkan kualitas SDM para remaja.Meningkatkan program belajar, mulai dari paud hingga SMK. Akan mengoptimalisasikan kegiatan pengajian tiap RT/RW wajib mengaji magrib sampai isya ditambah pengajian subuh akbar,” bebernya.

Ditambahkannya, pembangunan yang berkesinambungan mengedepankan kebutuhan masyarakat banyak secara bermusyawarah dan gotong royong.

“Dan membantu memfasilitasi potensi keahlian yang dimiliki masyarakat untuk membantu mensejahterakan desa, agar bisa menjalin silaturahmi yang erat antar masyarakat desa,” pungkasnya. (*)

Penulis : Zenal

Editor   : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here