Muhammad Shabiq, Dalang Cilik asal Selaawi dapat Penghargaan dari Mendikbud

garutexpress.id- Dalang cilik asal Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Muhammad Shabiq Husnie atau yang dikenal M.Shabiq Karba Suhaya, dianugrahi penghargaan cukup prestisius di bidang seni.

Penghargaan yang cukup membanggakan keluargaanya tersebut diberikan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Shabiq, demikian sapaan akrab remaja yang kini duduk di bangku Sekolah Menengah tingkat Pertama (SMP) kelas 8 ini memang dikenal telah menyukai seni wayang golek sejak kecil.

Bahkan, sejak sekolah di bangku sekolah dasar (SD) Shabiq telah menjadi dalang wayang golek. Kecintaan terhadap wayang golek semakin tumbuh ketika dirinya diberikan sebuah wayang golek langsung dari dalang legendaris almarhum Abah Asep Sunandar Sunarya.

Sejak itulah, Shabiq semakin mencintai dan rajin berlatih medalang.Saat itu pula Ia berguru ilmu ilmu perdalangan ke salah seorang dalang di Bandung.

Kini, berkat kerja keras dan rasa cintanya terhadap seni wayang golek, Shabiq sudah sering mentas di beberapa pagelaran wayang golek, mulai tingkat daerah hingga Nasional.

Berkat kepiawainnya memainkan tokoh pewayangan, akhirnya Shabiq dianugrahi penghargaan bergengsi dari mentri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), Kamis (10/10/2019) di Jakarta.

Menanggapi prestasi warganya, Camat Selaawi Ridwan Effendi yang ikut mengantar Shabiq menerima penghargaan di Jakarta. Menurutnya, Shabiq kini sudah menjadi aset negara.

“Dengan diraihnya penghargaan ini, Shabiq sudah menjadi aset negara yang harus dipelihara. Oleh karena itu, harus mendapat perhatian dan dukungan dari semua unsur. Baik dari pemerintah maupun masyarakat,” katanya.

Ridwan menambahkan, penghargaan ini bukti bahwa di Kabupaten Garut kaya akan potensi yang bisa membanggakan daerah. Shabiq adalah salah satu contohnya.

Shabiq sendiri menerima penghargaan dari Mendikbud untuk kategori penerima anugrah kebudayaan dan maestro seni tradisi dalam bidang wayang golek. (*)

Penulis : Useu G Ramdani
Editor : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here