Minim Sarana, Sungai Cipanawuan Malangbong Dipenuhi Sampah

garutexpress.id- Akibat miniminya sarana tempat sampah, Sungai Cipnawuan yang berlokasi di Kampung Cibugel, Desa Cikarag, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut kini dipenuhi sampah. Kondisi ini dikeluhkan warga, jika tiba musim penghujan dikhawatirkan sungai tersebut akan memicu banjir.

Menurut Ustadz Asep Setiawan, tokoh masyarakat setempat yang juga pimpinan Pondok Pesantren Nurul Huda di Kampung Cibugel, RT/RW/ 01/01, Desa Cikarag, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, kondisi tempat pembuangan sampah yang tidak layak ini sudah berlangsung sekian lamanya.

“Kami tentunya khawatir, jika sarana pembuangan sampah ini tidak segera dibenahi, maka akan berdampak buruk. Terlebih jika tida musim hujan, Sungai Cipanawuan ini akan tersumbat sampah dan memicu banjir yang membahayakan warga sekitar. Selama ini, warga terpaksa membuang samapah di pinggir sungai, karena tempat sampah yang sudah tidak muat lagi,” ungkapnya, Senin (21/10/2019).

Diharapkannya, pemerintahan peduli dengan kondisi ini. Warga meminta pemerintah menanggungali soal sampah ini dengan dibuatkan tempat sampah yang layak.

“Kami tentunya berharap pemerintah, baik kabupaten maupun provinis peduli. Jika sungai ini dibiarkan dipenuhi sampah, maka jika tiba musim hujan akan menimbulkan banjir. TPT di sebelah utara juga khawatir ambruk dan membahayakan penduduk sekitar,” ungkapnya.

Dikatakannya, hingga saat ini tempat [embuangan sampah di kawasan tersebut hanya ada satu. Tempah sampah yang satu-satunya ini menjadi tempat pembuangan sampah warga dari dua desa. Disamping itu, tumpukan sampah juga tidak diangkut dinas terkait sehingga terus menumpuk hingga meluber ke sungai.

“Sampah juga tidak diangkut petugas, dibiarkan menumpuk. Jika musim hujan dipastikan kolam kolam di sekitarnya terdampak banjir dan ambrol,” katanya. (*)

Penulis  :  Ags’s

Editor    :  ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here