Korban Banjir Cimanuk Ikuti Bimbingan UKM Darut Tauhid

D.Hari Teguh Aji – Kepala Bagian Penyaluran Program Dompet Peduli Garut, DT Peduli Garut, saat diwawancarai beberapa wartawan di kompleks Pendopo Garut, Rabu (9/10/2019).***

garutexpress.id- Korban banjir bandang sungai Cimanuk mengikuti bimbingan usaha kecil menengah (UKM) di Gedung Pendopo, Rabu (9/10/2019). Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Pesantren Darut Tauhid Kabupaten Garut yang diikuti lebih dari seratus orang.

Kepala Bagian Penyaluran Program Dompet Peduli (DT Peduli) Garut, D.Hari Teguh Aji, mengatakan, kegiatan ini untuk mengembalikan kemampuan perekonomian usaha para korban banjir bandang sungai Cimanuk di Garut, Jawa Barat, yang terjadi 20 September 2016 silam.

“Kegiatan ini sebetulnya untuk up grade, setiap pekan kita dampingi mereka. Pendampingan ini kami lakukan rata-rata sudah hampir setahun, sebagai recoveri korban banjir di Garut, agar bisa tumbuh kembali salah satunya adalah penghasilan mereka,” kata Hari Teguh Aji, di sela kegiatan.

Ia menuturkan, fokus bimbingan yang dilakukan lembaganya tethadap korban banjir di Garut ini di tahun pertama, adalah membangkitkan mental atau ahlak, dan kebiasaan para korban. Baru pada tahun ke dua, fokus bimbingannya lebih kepada produk yang mereka hasilkan, baik untuk perizinan, lebel halal dan yang lainnya.

Menurut Hari, dari 100 orang yang kini dalam bimbingan lembaganya itu, rata-rata mereka sudah punya usaha, walaupun jangkauan pemasarannya masih di sekitar tempat tinggal mereka. Selain bimbingan untuk peningkatan kemampuan, merekapun diberikan bantuan usaha alakadarnya.

“Untuk bantuan permodalan, tentuknya ada, tapi kita bertahap. Untuk tahap awal ini yang disalurkan oleh koperasi pemberdayaan ummat, baru sekitar Rp 1 juta. Ini pembelajaran dari kita, khususnya amanat dari Kyai A Agym sendiri, setiap mimggu mereka harus dikumpulkan dalam pengajian, kita bangun mental mereka,” ucapnya.

Hingga saat ini, Pesantren yang dipimpin Abdullah Gymnastiar (A Agym) ini sudah hampir 3 tahun melaksanakan bimbingan terhadap ratusan korban terdampak banjir ini. (*)

Penulis  : Papap

Editor   : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here