BK DPRD Garut Minta Masyarakat Awasi Kinerja Anggota Dewan

Dadang Sudrajat- Badan Kehormatan DPRD Garut.***

garutexpress.id- Badan Kehormatan (BK) DPRD Garut meminta masyarakat untuk mengawasi kinerja anggota dewan periode 2019-2024. Jika ada anggota yang melanggar kode etik, BK tak akan segan memberi sanksi.

Ketua BK DPRD Garut, Dadang Sudrajat, mengatakan, pihaknya akan melaksanakan kewenangan dan kewajiban BK. Sebelumnya, keberadaan BK seperti dikebiri karena tak memiliki aturan yang jelas.

“Tapi pada periode ini, BK sudah memiliki tata beracara yang lebih baik. Jadi kami akan tindak lanjut semua aduan soal anggota dewan,” ujar Dadang di Gedung DPRD Garut, Minggu (13/10/2019).

Sanksi yang diberikan kepada anggota dewan, lanjutnya, tergantung pelanggaran kode etik yang dilakukan. Jika pelanggaran sangat berat, maka BK bisa memberhentikan status sebagai anggota DPRD.

“Mau pimpinan atau anggota biasa jika melanggar akan dikenakan sanksi. Pimpinan dewan juga bisa diberhentikan jika melanggar,” ucapnya.

Dadang mempersilakan masyarakat untuk melaporkan pelanggaran anggota dewan ke pihaknya. Namun pelaporan harus dilakukan secara objektif dan mencantumkan bukti pelanggaran.

“Kalau menemukan teman-teman anggota DPRD atau pimpinan melanggar kode etik daripada disampaikan di luar lebih baik laporkan ke BK. Kami akan tangani laporan yang masuk,” katanya.

Dadang menambahkan, keberadaan BK bukan untuk menakuti pekerjaan anggota dewan. Apalagi anggota BK juga berasal dari anggota dewan. BK berfungsi untuk mengawasi kinerja dewan agar bekerja sesuai dengan kode etik.

“Makanya kami ingin buka ruang kalau DPRD harus berkualitas. Biar kepercayaan publik lebih baik. Kalau ada masalah akan ditangani,” ucapnya.

Penindakan anggota yang melanggar kode etik, disebut Dadang tak akan berat sebelah. Meski berasal dari satu partai atau satu komisi, BK bekerja secara independen.

“Masalah pelanggaran itu tidak akan lihat partainya dari mana. Kami akan tindak tegas dan tak tebang pilih,” ujarnya. (*)

Penullis : FW

Editor    : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here