Air Bersih Langka, Pemdes Ciburuy Distribusikan Bantuan

garutexpress.id- Musim kemarau berkepanjangan berdampak pada langkanya air bersih di sejumlah wilayah. Salah satunya di Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Di wilayah tersebut warga sekitar mulai kesilitan akan kebutuhan primer ini.

Untuk menanggulangi kebutuhan air bersih warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Ciburuy mendistribusikan bantuan air bersih ke warga sekitar. Dengan menggunakan pick up air dibagikan ke warga sekitar.

“Akibat musim kemarau yang sudah terjadi cukup lama,  hampir semua warga desa kami kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.  Atas kejadian itu kami dari pihak pemerintah desa setiap hari menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang membutuhkan,” ujar Dindin Saepudin, yang tak lain Kepala Desa Ciburuy, saat memimpin penyaluran bantuan air di Kampung Tegalsari RW 07, Selasa (22/10/2019).

Diungkapkannya air bersih yang disalurkan untuk membantu warga tersebut berasal dari sumber mata air yang berada tepat di belakang kantor desa. Setiap harinya lebih dari 6000 liter air didistribusikan untuk seluruh warga yang di sembilan RW.

“Di belakang kantor desa ada sumber mata air. Dalam sehari kita bisa menyalurkan paling sedikit 6000 liter air bersih.  Kita beli toren (tanki air) kapasitas seribu liter dan dua tanki kapasitas lima ratus liter.  Kemudian diangkut dengan mobil pickup. Sehari minimal tiga kali, tapi jika warga masih minta air kita kirim lagi. Untuk sekarang karena kendaraannya terbatas kita salurkan bantuan air sehari satu RW saja bergilir,” ungkap Dindin.

Atas bantuan air yang diberikan pemerintah Desa Ciburuy, warga mengaku sangat terbantu dan berterima kasih kepada pemerintah.

“Alhamdulillah kabantos pisan, usum halodo ayeuna mh asa aya langkungna daripada taun kapengker mah, usum ayeuna mah sumur ge dugika saat.  Hatur nuhun ka pa kades ka sadayana nu tos masihan cai,” ujar Oom, salah seorang warga kampung Tegalsari yang tengah mengantri air bersih. (*)

Penulis  :  Agus Muhram

Editor    : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here