Desa Padaawas Segera Miliki Sarana Olahraga Berstanadar Nasional

garutexpress.id- Dalam waktu dekat ini warga Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut segera memiliki sarana dua olahraga berstandar Nasional. Kedua sarana olahraga tersebut lapangan sepakbola dan voly.

Menurut Kepala Desa (Kades) Padaawas, Cucu Suryana, untuk membangun sarana olahraga tersebut, warga sekitar bahu-membahu bergotong-royong.

“Dilibatkannya warga dalam pembangunan (sarana olahrga/red.) ini, sesuai dengan amanat dan prinsip gotong-royong dalam undang-undang, “ ujar Kades Padaawas, belum lama ini.

Lapangan sepakbola dan voly ini dibangun di atas lahan seluas 145X60 persegi.  Sementara itu, proyek pembangunan sarana olahraga di Desa Padaawas ini telah dimulai sejak 2018 lalu. Pembangunan dua lapangan olahraga ini diprediksi selesai tahun 2021.

“Pembangunan lapangan ini kita anggarkan melalui DD (dana desa) secara bertahap. Nantinya di lokasi tersebut juga akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Di antaranya akan dilengkapi mushola dan ruang ganti,” ungkapnya.

Diharapkannya,  setelah selesai pembangunanya, lapangan tersebut dapat bermangfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan desa.

“Nantinya lapangan ini kan kami serahkan pengelolaanya kepada bumdes agar dapat menambah pendapatan desa. Lapangan olahraga ini juga nantinya bisa digunakan untuk kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Menueurtnya,  masyarakat sudah menanti pembangunan lapangan tersebut sejak lama. Lantaran mendapat beberapa kendala teknis, pelaksanaan kontsruksi baru  baru bisa dimulai tahun 2018.

“Jadi, perlu ada penyaluran dana bantuan khusnya dari kabupaten,banprov dan pusat. Sehingga pembuatan lapangan tersebut bisa berjalan  lancar dan sukses,” harapanya.

Diharapkan, dengan ketersedian sarana olahraga yang refresentatif dapat menjadi pemicu lahirnya talenta-talenta atlet berbakat yang potensial. Di sisi lain, kades ini pun melihat peluang potensi pendapatan desa jika pembangunan sarana olahraga ini selesai.

“Tentu saja, dengan adanya lapangan sepakbola bisa berpotensi menambah pendapatan desa. Kami berharap, keberadaan sarana olahraga ini juga bisa menyalurkan bakat-bakat sepakbola di desa ini,” katanya,“ katanya.

Selain pembangunan sarana besetandar nasional, Desa Padaawas saat ini juga sedang membangun infrastruktur. Pembangunan kirmir untuk infrastruktur jalan ini dilakukan untuk menyempurnaan akses jalan masyarakat, sehingga memudahkan akselerasi perekonomian. (*)

Penulis : Zenal

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here