Wabup Pastikan akan Bangun SMP di Sukamaju Talegong

dr. Helmi Budiman-Wakil Bupati Garut.***

garutexpress.id- Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman memastikan akan membangun SMP bagi para siswa di Desa Sukamaju, Kecamatan Talegong. Helmi telah memerintahkan Dinas Pendidikan (Disdik) Garut untuk segera melengkapi persyaratan pembangunan.

“Pokoknya 2020 harus segera dibangun. Tentu akan kami upayakan agar segera terwujud,” ucap Helmi di Kantor Disdik Garut, Kamis (22/8/2019).

Sebelumnya, para siswa membuat sebuah video yang meminta pembangunan SMPN 3 Talegong ke Bupati Garut. Pasalnya saat ini para siswa SMP berstatus kelas jauh di SMPN 1 Talegong. Sejak berdiri pada 2005, para siswa belajar di SDN 3 Sukamaju.

Helmi mengaku video dari siswa SMPN 1 Talegong kelas jauh (KJ) itu jadi teguran bagi pemerintah. Meski begitu, ia sangat mengapresiasi upaya para siswa tersebut. “Nanti kami upayakan untuk bangun USB (unit sekolah baru). Jadi misah dari SMP induknya jadi SMPN 3 Talegong,” ujarnya.

Persyaratan menjadi USB, tuturnya, sudah terpenuhi. Untuk pendirian USB, minimal terdapat 32 siswa per kelas. Sedangkan di Sukamaju, sudah melebihi batas minimal. Bahkan total siswanya mencapai 160 orang.

“Apalagi SMP kelas jauh itu tinggal satu di Talegong saja. Yang lain sudah ditingkatkan jadi SMP seatap atau terbuka. Makanya ini harus jadi USB,” katanya.

Ia juga telah meminta kepada Disdik agar sekolah satu atap ditingkatkan menjadi USB. Pemkab pun akan menganggaran pembangunan untuk SMP di Sukamaju pada anggaran 2020. (*)

Penulis : FW

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here