TPS 3R Kampung Burung Bao, Mengolah Sampah Berbuah Berkah

garutexpress.id- Tumbukan sampah jika dikelola dengan baik ternyata bisa berbuah berkah. Hal tersebut terbukti dengan dipoerasikannya Tempat Pengolahan Sampah- Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) serta Bank Sampah di Kampung Burung Bao, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Dengan keberadaan TPS 3R dan Bank Sampah yang dikelola secara apik, warga Kampung Burung Bao bisa menikmati manfaat bahkan berkah dari tumpukan sampah tersebut.

Menurut Yana, selaku ketua KSM TPS 3R dan Bank Sampah Burung Bao, dengan beroperasinya TPS 3R, kesadaran masyarakat akan kebersihan bisa meningkat. Khusus di wilayah Muarasanding dan sekitarnya, penumpukan sampah plastik dan sampah rumah tangga bisa dikelola, sehingga bisa menanggulangi maslah sampah.

”Alhamdulillah, dengan adanya TPS 3R dan bank sampah ini kita bisa mengelola sampah dengan baik. Persoalan sampah itu tidak hanya tanggungjawab petugas kebersihan dan pemerintah, tetapi semua lapisan masyarakat,” katanya, Selasa (27/8/2019).

Sementara itu, Nurdinyana yang merupakan Asda 1 Pemkab Garut mengatakan, pemanfaatan TPS 3R ini sangat membantu penanggulangan masalah sampah.

“TPS 3R ini sangat bermanfaat untuk menanggulangi sampah. Dalam proses pengelolaannya, TPS 3R ini mengumpulkan sampah dari warga. Sampah akan dipilah berdasarkan jenisnya. Disinilah sampah yang dibuang dapat menghasilkan rupiah,” ujar Nurdinyana, disela-sela kunjungannya ke KSM TPS 3R dan Bank Sampah Burung Bao, Keluarahan Muarasanding, Kecamatan Garut kota, Selasa (27/8/2019).

Dijelaskannya, sampah non organik yang sudah dipilah dan masih dapat dijual dan dibuat kerajinan. Sementara sampah organik akan diproses untuk kemudian dijadikan pupuk kompos dan pakan ternak yang nantinya juga dapat menghasilkan rupiah.

”Selain bisa menekan pembuangan sampah ke TPA Pasir Bajing, sampah kita jadikan berkah, bukan sumber masalah,” ungkapnya.

Diharapkannya, proyek TPS 3R ini terus berkembang, dan bisa diadopsi di wilayah lain juga, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

” ini adalah proyek, kalau pola-pola ini bisa diadopsi di daerah lain dan berhasil, maka akan banyak peluang dari sampah yang bisa meningkatkan pperekonomian masyarakat,” katanya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor  : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here