Tingkatkan Hasil Panen, Petani Tambaksari Sambut Baik Program BBWS

garutexpress.id- Ratusan desa di Kabuaten Garut baru-baru ini mendapatkan program dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Bantuan yang dikucurkan BBWS tersebut merupakan bantuan dalam bentuk pembangunan salurn air.

Melalui program tersebut, masyarakat Garut, khususnya petani yang ada di beberapa wilayah kecamatan berharap bisa meningkatkan hasil panen. Di beberapa desa, program dari BBWS ini sudah mulai dikerjakan, salah satunya di Desa Tambaksari, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut.

Di Tambaksari, saluran air sepanjang 50 meter siap mengaliri areal pesawahan seluas 10 hektare. Menurut salah seorang petani di Desa Tambaksari, Aso Sopandi (60), pembangunan drainase ini diyakini bisa memberikan semangat baru bagi para petani.

Sebelumnya, sawah seluas 10 hektare tersebut hanya bisa panen satu kali saja dalam satu tahun. Namun dengan adanya program dari BBWS, bisa meningkat menjadi dua, bahkan tiga kali panen dalam satu tahunnya.

“Sedagkan sumber air yang nantinya akan mengalir ke saluran air ini bersumber dari Situ Cangkuang. Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah. Mudah-mudahan petani yang ada di sini, kesejahteraannya bisa meningkat. Jika air sudah lancar limpahannya kan bisa dimanfaatkan untuk hal lain, misalnya untuk perikanan,” ungkapnya, Jumat (09/08/2019).

Hal senada diungkapkan Hilman Yudiswara, warga Garut lainnya. Menurutnya, dengan program BBWS ini  bisa dikatakan salah satu titik awal kebangkitan swasembada pangan di Kaabupaten Garut.

Related Post

“Selama ini wilayah Kabupaten Garut disebut sebagai wilayah agraris sehingg dengan adanya program dari BBWS sangat tepat. Para petani pengguna air di Kabupaten Garut akan sangat merasa terperhatikan,” katanya.

Hilman menambahkan, semua ini tak lepas dari kerja sama berbagai pihak. Dari mulai Pemerintahan Kabupaten, terutama Bupati Garut beserta jajarannya, Kementrian terkait, Komisi V DPR RI, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dan tentu saja semua pemerintahan desa serta masyarakat setempat.

“Mudah-mudahan di tahun anggaran berikutnya, Kabupaten Garut kembali bisa mendapatkan program seperti ini lagi. Kalau bisa lebih banyak desa yang masuk dalam daftar penerima manfaatnya,” harapnya. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor    : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.