Tak Kantongi Izin Resmi, Sejumlah Tower Seluler Disegel Petugas

garutexpress.id – Dalam sebulan terakhir sedikitnya ada empat tower di beberapa kawasan Kabupaten Garut yang disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP). Penyegelan tersebut dilakukan akibat pendirian tower tersebut tak memiliki izin resmi.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Garut, Bambang Riswandi Ruhiyat, akhir-ahir ini pendirian tower seluler memang sangat banyak. Tetapi ada pula di antaranya yang berani mendirikan tower tersebut dengan tidak dilengkapi dengan izin mendirikan bangunannya.

“Walaupun sudah mengantongi izin lingkungan dan rekomendasi dari desa serta kecamatan, para pengusaha ini seharusnya belum bisa membangun tower jika tidak memegang izin mendirikan bangunan (IMB),” ungkap Bambang, saat memimpin penyegelan salah satu tower seluler di wilayah Kecamatan Selaawi, Kamis (08/08/2019).

Menurutnya, mereka (para pemilik tower) sangat berani mendirikan bangunan tower dengan tidak mengantongi izin. Padahal sudah jelas, setiap pembangunan seperti ini harus dilengkapi dengan perizinan yang resmi.

“Dalam satu bulan terakhir ini kita sudah menyegel setidaknya empat tower seluler tak berzjin di tiga kecamatan di Kabupaten Garut, yaitu Kecamatan Cilawu, Limbangan dan Kecamatan Selaawi,” tandasnya.

Ditegaskannya, tower tower seluler yang didirikan di sejumlah wilayah itu sudah jelas-jelas melanggar aturan.

“Ada tiga peraturan daerah (Perda) yang sudah dilanggar, sehingga selain disegel kami juga melakukan penggembokan. Langkah selanjutnya, kami akan melayangkan rekomendasi kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Garut, agar memberikan sanksi atau denda terhadap pemilik tower-tower seluler tanpa izin tersebut. Salah satunya PT. Protelindo yang sudah berani mendirikan tower di wilayah Selaawi tanpa izin,” tambahnya.

Ditambahkannya, setelah nanti perizinannya lengkap segel dan gembok ini kembali dibuka. “Kami berharap, kedepannya agar semua pengusaha atau pemilik perusahaan tower seluluer bisa menempuh izin terlebih dahulu agar semuanya bisa lancar dan tertib,” pungkasnya. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor  :  ER

 

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here