Serunya Ribuan Anak TK-Kober Mengilingi Replika Ka’bah

garutexpress.id- Keriuhan, kehebohan, keseruan dan kelucuan berbaur saat ribuan anak dari taman kanak-kanak (TK) dan Kober (Kelompok Bermain) se Kecamatan Tarogong kaler, Kabupaten Garut mengikuti peragaan manasik haji. Seperti diketahui manasik haji merupakan peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya.

Anak-anak tampak heboh saat mengikuti bagaimana cara melakukan praktik ritual ibadah tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Mereka ,berlari-lari kecil mengililingi replika kabah dengan semangat mengumandangkan talbiyah dan doa-doa haji. ’’Labaik allahuma’ labaik,’’ teriak ribuan anak-anak dengan lantangnya.

Proses manasik haji tersebut berlangsung di lapangan sepak bola Rancabango, Desa Cimanganten, kawasan Tarogong kaler, Kamis (15/8/2019).

Layaknya ibadah haji, anak-kanak itu diajari bagaimana melakukan ritual memanasik haji secara berurutan, mulai wukuf di Padang Arofah dilanjutkan dengan  mabith di Muzdhalifah dan jumroh. Kemudian melakukan thowaf, sa’i dan tahalul.

Agenda kegiatan manasik haji untuk anak-anak TK dan Kober ini merupakan agenda tahunan untuk memperkenalan sejak dini bagaiamana menjalankan rukun Islam yang ke 5 tersebut.

Saat acara berlangsung, tampak hadir koordinator wilayah pendidikan Kecamatan Tarogong kaler, Kalpsek Tarogong kaler,Kades Cimanganten, para pengawas TK/Kober dan pembina.

Sedikitnya ada  1400 anak-anak TK/ Kober mengikuti agenda kegiatan tersebut. Anak-anak sebanyak itu datang dari 35 lembaga tanam TK dan 40 dari lembaga Kober se Kecamatan Tarogong kaler.

Ade Ahmad, selaku ketua pelaksana kegiatan ini, mengatakan, manasik haji ini sebagai bentuk pembelajaran usia dini.

“Kami sediakan sarana untuk menunjang pelaksanaan ibadah yakni rukun Islam ke 5. Tujuannya agar lebih memudahkan dalam pembelanjaran,’’ ungkapnya.

Ditambahkannya, acara manasik haji ini juga sekaligus untuk menyambut HUT kemerdekaan RI ke 74 dan menyambut  datangnya tahun baru hijriah.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan yang bersifat pendidikan karakter, miniatur manasaik haji ini dapat menciptakan anak-anak yang shaleh shalelah,’’katanya.

Sementara itu, koordinator wilayah pendidikan Kecamatan Tarogong kaler, Iwan Setiawan, berharap dengan manasik haji ini anak-anak TK/Kober terpatri ilmu berhaji yang baik.

“Dengan manasik (haji) ini,anak-anak TK/Kober bisa merekamnya dan terpatri ilmu ibadah rukun Islam yang ke 5 ini. Masa kecil merupakan usia keemasan, bagaikan botol yang masih kosong diisi dengan air yang masih bersih. Apapun yang dilakukan pada masa kanak-kanak nantinya akan terpatri,” ungkapnya.

Iwan menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang patut diapresiasi. Terlebih pada atahun ini kegiatan manasik haji berdekatan dengan peringat HUT Kemerdekaan RI.

“Karena kegiatan berdekatan dengan HUT Kemerdekaan RI, ini bisa jadi kado istimewa bagi anak-anak di HUT RI ke 100 mendatang,” katanya. (*)

Penulis : Zenal

Editor    : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here