Semarak MTQ Tingkat Desa Mekargalih

garutexpress.id- Sebagai upaya menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Al-Qur’an, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Desa Mekargalih digelar. MTQ ini diikuti ratusan peserta dari masing-masing RW yang ada di Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut.

Sebelum digelarnya MTQ, panitia terlebih  dahulu mengadakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat desa, Rabu (21/8/2019). Dari hasil seleksi ini,peserta terpilih akan mengikuti MTQ tingkat kabupaten yang rencanya akan di selenggarakan di Kecamatan Garut kota pada bulan Oktober mendatang.  Dalam MTQ ini ada empat katageri yang dilombakan, di antaranya Syarhil Qur’an, Tilawah Quran, Tahpidz Quran dan Pidato.

Saat prosesi pembukaan berlangsung, tampak hadir Plt Camat Tarogong kidul, Hj.Yanti Sugiarti,M.Si., Asisten Administrasi Umum Setda Garut, Drs. H. NurdinYana, Anggota DPRD Garut Ir.Yayat Hidayat, Ketua BPD, Ketua MUI Kecamatan Tarogong kidul, Ketua MUI Desa Mekargalih, Kapolsek, Para Ketua RW, Ketua Forum RW, dan Tokoh Masyarakat.

Pjs Kades Mekargalih, Idad Badrudin, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada para ketua RW , tokoh masyarakat, khususnya ketua MUI Desa Mekargalih yang juga pengurus Pondok Pesantren Al Falah Biru, KH. Khoer Hasanul Akhlak.

“Saya sampaikan terima kasih atas dukungannya dari para ketua RW, dan tokoh masyarakat, khususnya kepada Al Mukarom KH. Khoer Hasanul Akhlak selaku Ketua MUI Desa Mekargalih,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dari diselenggarakannya MTQ tingkat Desa Mekargalih yang perdana ini, salah satunya untuk  menjaring bibit potensial yang terbaik. Disamping itu MTQ Desa Mekargalih ini juga digelar untuk menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriyah serta memperingati HUT RI ke74.

“Adapun maksud dan tujuan digelanya MTQ ini di antarnaya untuk menjaring bibit pontensial terbaik. Disamping itu, MTQ ini juga digelar untuk menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriyah serta memperingati HUT RI ke74. Mudah-Mudahan acara ini berjalan lancar dan baik, sehingga apa yang diharapkan dapat hasil terbaik. Diharapkan, dengan gelaran MTQ ini melahirkan peserta terbaik untuk selanjutkan akan diikut sertakan dalam seleksi MTQ tingkat Kabupaten Garut. Insha Allah, 50 persen perwakilan dari Desa Mekargalih akan menuju ke tingkat kabupaten bulan oktober mendatang. Saya yakin, dengan terselenggaranya MTQ ini akan melahirkan SDM yang unggul dan siap untuk bersaing di 421 desa,” harapnya.

Kaspul Anwar, S.Pd., M.Pd (Ketua RW 06 Desa Mekargalih)***

Pjs Kades Mekargalih juga menyampaikan terimakasih kepada Ketua MUI Kecamatan Tarogong kidul sponsor yg telah memberikan donasinya.

“Sekali lagi saya sampaikan terim kasih atas dukungan dari segenap masyarakat Desa Mekargalih, khususnya Ketua MUI Kecamatan Tarogong kidul. Semoga segala kebaiikanya mendapatkan balasan dari Allah SWT,” ungkapnya.

Idad juga berharap kepada calon kades Mekargalih yang terpilih nanti bisa menlanjutkan program-program untuk tahun 2020 yang sudah dikonsep di tahun 2019 ini.

Ketua MUI Kecamatan Tarogong kidul menyampaikan rasa bangganya atas terselenggaranya acara ini. Ketua MUI Tarogong kidul juga memberikan dukungan penuh terhadap MTQ ini, karena baru kali ini momen pencarian potensi dan bibit potensial  yang dilaksanakan pertama kali di Desa Mekargalih .

“Hal ini penting diselenggarakan, apalagi di zaman sekarang anak-anak remaja di usia sekolah maupun anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa harus dibekali oleh pendidikan. Terutama pendidIkan agama. Kegiatan ini sangat baik dan harus dicontoh oleh desa ataupun kelurahan lain ,khususnya di wilayah Tarogong kidul,” katanya.

Hal senda disampaikan Asisten Administrasi Umum Setda Garut, Drs. H. NurdinYana, pihaknya menapresiasi MTQ di tingkat Desa Mekargalih. Pihaknya sangat mendukung kegiatan positif seperti ini.

“Tentunya kami sangat didukung penuh kegiatan MTQ ini. Karena hal ini juga salah satu program dari Pemkab Garut, untuk menjadikan kehidupan masyarakat yang religius,” ungkapnya.

Ketua MUI Desa Mekargalih, KH. Khoer Hasanul Akhlak berharap, dengan MTQ ini diharapkan dapat memicu tumbuhnya masyarakat yang gemar membaca Al Qur’an.

“Harapannya, dengan MTQ ini dapat menumbuh kembangkan minat baca dan kecintaan masyarakat terhadap Al Qur’anul Karim. Lebih dari itu, dengan MTQ ini juga diharapkan bisa mewujudkan masyarakat yang berakhlakul karimah,” jelasnya.

Sementara ketua RW 06 Desa Mekargalih, Kaspul Anwar, S.Pd., M.Pd., mengatakan, gelaran MTQ di Desa Mekargalih merupakan gebrakan yang luar biasa untuk menghidupkan ghirah (semangat)  keIslaman masyarakat.

“MTQ tingkat Desa Mekargalih ini merupakan gebrakan luar biasa. Khusnya bagi warga Desa Mekargalih untuk meningkatkan kegiatan keagamaannya. Terutama menanamkan benih-benih unggul masyarakat sejak usia dini. Sehingga mereka bisa termotivasi untuk menjadi lebih baik. Semoga kegiatan ini bukan yang pertama dan bukan yang terakhir. Semoga di tahun yang akan datang akan lebih sukses lagi,” pungkasnya. (*)

Penulis  : Zenal

Editor    : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here