Semarak 1 Muharam 1441 H, Dari Festival Seni Islami hingga Pawai Obor

garutexpress.id- Menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriah di Kabupaten Garut tahun ini (2019) tampak lebih semarak dibanding tahun tahun sebelumnya. Rangkaian kegiatan yang diselenggaran pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut beraneka macam.

Perayaan tahun baru 1441 Hijriah untuk tingkat Kabupaten Garut sendiri dipusatkan di Alun-alun Garut. Mulai dari tabligh akbar, festival kesenian Islami hingga pawai obor mewarnai semaraknya penyambutan di Kabupten Garut.

Saat menyampaikan sambutan di Alun-alun Garut, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyampaikan amanatnya. Menurut Bupati, tibanya 1 Muharam 141 Hijirah adalah salah satu momen penting bagi kaum Muslimin.

BUPATI Garut, Rudy Gunanwan, menyampaikan pidato sambutannya saat membuka Festival Tahun Baru Islam, 1441 Hijriah di Alun-alun Garut, Sabtu (31/8/2019)***

“Tahun baru Islam 1 Muharam 1441 H bagi kaum Muslimin merupakan momentum penting. Ini sebagai peringatan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW, dari kota Mekah ke Madinah,” ujar Rudy, Sabtu (31/8/2019).

Saat puncak kegiatan meyambut 1 Muharam 1441 Hijriah, di Alun-alun Garut ditandai ditandai dengan dibukanya Festival tahun baru Islam dengan menggelar tabligh akbar.

Dalam tablig akbat menyambut 1 Muharam 1441 Hijriah ini, Ketua Dewan Pembina MUI Provinsi Jawa Barat Prof Dr KH Miftah Faridl bertindak sebagai penceramah.

Selain Bupati Garut, Rudy Gunawan bersama Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, dalam kesempatan itu hadir pula anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah,  Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, para SKPD, Ketua MUI Kabupaten Garut, DKM Masjid Agung Garut serta ribuan jamaah warga masyarakat Kabupaten Garut.

Related Post

”Sebagai umat Islam yang wajib merayakan tahun baru Islam dengan nuansa Islami. Perayaan tahun baru ini bisa menjadi agenda rutin bagi Pemkab (Garut) dalam mempromosikan segala potensi, baik pariwisata, budaya Islam maupun produk – produk unggulan yang ada di kabupaten Garut,” ujar bupati.

WARGA antusias menymbut tahun baru Islam 1441 Hijriah di kawasan Alun-alun Garut, Sabtu (31/8/2019)***

Diharapkannya, momentum tahun baru Islam ini dapat meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah, mewujudkan sinergitas akselerasi kemajuan budaya untuk kekuatan ekonomi, mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif, mendorong kreativitas seniman dan budayawan dan pelestarian budaya tradisional daerah.

”Tahun depan akan lebih dimeriahkan kembali. Ini dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Insya Allah tahun depan acarabya bisa lebih semarah lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gangan Gumilar, selaku penyelenggara menyebut, salahsatu bentuk penyambutan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah kali ini dikemas dalam bentuk Festival. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Garut dan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Jawa Barat.

”Kegiatan ini melibatkan para santri, Muslimin-Muslimat yang ada di Kabupaten Garut. Target kehadiran dalam semarak menyambut perayaan, sekitar 2000 pengunjung,” katanya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER

 


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.