Sejumlah Investor Asing Tawarkan Alat untuk Kelola Sampah di Garut

TPA Pasir Bajing/ foto : ISTIMEWA.***

garutexpress.id- Sedikitnya ada empat investor asing yang menawarkan alat pengelolaan sampah untuk ditempatkan di TPA Pasirbajing, Kabupaten Garut. Keempat investor itu di antaranya dari Korea, China, Jerman dan Amerika. Bahkan, khusus Korea menyebutkan besearan investasinya Rp 56 miliar.

Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Guriansyah. Namun, dari keempat investor itu belum satupun yang dipilih.

“Di antara investor itu belum ada satupun yang dipilih. Masih harus dilakukan kajian lagi azas manfaatnya bagi masyarakat, karena investasi Rp 56 miliar itu cukup besar,” tukasnya, Kamis (22/08/2019).

Dijelaskannya, ada beberapa kriteria yang berbeda dari keempat investior yang menawarkan investasi itu. Mulai dari kemanfaatannya, break event point berapa tahun. Semua kriteria itu berpengaruh pada harga.

Related Post

“Masing-masing investor ada yang menawarkan menjadi pembangkit listrik tenaga sampah, bahan bakar, ada juga yang menawarkan menjadi pupuk organik. Namun, yang memungkinkan adalah pembangkit listrik tenaga sampah, karena di situ ada gas metan, yang berpotensi untuk menjadi pembangkit listrik tenaga sampah,” katanya. (*)

Penulis : Jay Wijaya

Editor   : ER

 


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.