Satpam Disdukcapil Garut Rampas dan Hapus File HP Warga

garutexpress.id- Kejadian kurang mengenakan dialamai warga Karangpawitan saat hendak megurus e-KTP di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut. Kejadian bermula saat warga yang mengaku asal Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangpawitan, Garut melakukan pemotretan suasana di kantor Disdukcapil, tiba-tiba satpam merampas dan menghapus sejumlah file foto dan video di hand phonenya, Senin (26/8/2019).

“Tadinya saya mendokumentasikan suasana di kantor Disdukcapil, rencananya mau d-upload di medsos. Maksudnya agar warga tahu bahwa di Disdukcapil blanko e-KTP lagi kosong. Jadi supaya tidak usah repot-repot datang ke Disdukcapil, karena memang blanko e-KTP lagi kosong,” ungkapnya.

Ali-alih ingin menyampaikan informasi ke warga lainnya. Ponsel miliknya malah dirampas satpam dan dihapus sejumlah file foto dan video yang telah dibuatnya.

“Jelas kecewa, dengan perbuatan satpam itu. Ini kan kantor pelayanan publik. Harusnya sedikit sopanlah jangan seenaknya rumpas-rampas,” keluhnya.

Terkait kejadian tersebut, Sekretaris Disdukcapil Garut, Tedy Sytady menyampaikan permohonan maaf. Dan ia berjanji akan memangil dan membina satpam tersebut.

“Saya mohon maaf atas kejadian itu. Sekali lagi mohon maaf atas perilaku petugas keamanan yang tidak mengenakan itu, “ ujar Tedy saat dijumpai wartawan.

Sementara itu, satpam Disdukcapil yang berulah terhadap warga yang mengurus e-KTP berdalih, apa yang dilakukannya telah sesuai SOP.

“Apa yang saya lakukan sudah sesuai SOP. Unuk mendokumentasikan papun harus ada izin dulu. Terkecuali wartawan,” tukasnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here