Resmi Dilantik, DPRD Garut Siap Optimalkan APBD

garutexpress.id- Salah satu anggota DPRD Kabupaten Garut periode 2019-2024 yang baru saja dilantik, Yudha Pudja Turnawan, menyatakan kesiapannya  untuk menjalankan tuposkisnya sebagai lesgislator. Di antara agenda yang akan difokuskan adalah membahas penggunaan APBD agar lebih optimal.

“DPRD saat ini dapat banyak masukan. Di antaranya bagaimana kerja DPRD agar lebih bagus.  APBD harus berpihak ke masyarakat.  Selama ini tidak terlalu berpihak, sekarang harus lebih berpihak ke masyarakat,” ujar Politisi PDIP ini, usai pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Garut, Selasa (13/8/2019).

Dijelaskannya, seluruh anggota DPRD Garut yang saat ini kembali menjabat atau yang baru menjadi legislator agar memiliki komitmen yang sama. Salah satunya dalam hal pengawasan dan penggunaan APBD oleh Pemkab Garut agar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Menurutnya, pembangunan yang akan dirasakan langsung masyarakat di antaranya akses jalan yang bagus, drainase, termasuk perbaikan bangunan sekolah.

“Menurut saya yang akan sangat dirasakan masyarakat itu adalah fasilitas publik, seperti jalan, drainase dan perbaikan sekolah,” katanya.

Putra mantan Bupati Garut, Memo Hermawan itu menegaskan, APBD merupakan dana yang sepenuhnya harus dirasakan masyarakat, dengan pengelolaan dan penggunaan yang baik oleh pemerintah daerah.

Ia menambahkan, PDI Perjuangan yang saat ini memiliki lima kursi di DPRD Garut dan bersama anggota lainnya dari berbagai partai politik akan lebih semangat dalam menjalankan fungsi DPRD untuk kemajuan Garut.

“Saya harap DPRD ke depan lebih ampuh menjembatani masyarakat dengan eksekutif,” tandasnya.

Sebelumnya, 50 anggota DPRD Garut periode 2019-2024 resmi dilantik dengan disaksikan Bupati Garut dan unsur pejabat Pemerintah Kabupaten Garut lainnya.

Anggota DPRD Garut yang saat ini menjabat merupakan politisi dari sembilan partai politik yang sudah ditetapkan KPU Garut sebagai peraih suara terbanyak sesuai ketentuan dalam Pemilihan Legislatif pada 17 April 2019 lalu.

Sembilan partai politik yang memiliki kursi di DPRD Garut yakni PKB enam kursi, Gerindradelapan kursi, PDI-Perjuangan lima kursi, Partai Golkar delapan kursi, PKS lima kursi, PPP tujuh kursi, PAN lima kursi, Partai Hanura satu kursi, dan Partai Demokrat lima kursi.

Sebanyak 50 anggota DPRD Garut itu terbagi dalam lima daerah pemilihan (Dapil) yakni Dapil 1 sebanyak 11 orang, Dapil 2 sebanyak 12 orang,  Dapil 3 Sebanyak sembilan orang, Dapil 4 sebanyak 10 orang dan Dapil 5 sebanyak delapan orang. (*)

Penulis : Tim GE

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here