Raih Tiga Piala, Pasukan Senofati SDN 4 Mekarasih Sumringah

garutexpress.id-Meski harus kandas mempertahankan status sebagai juara umum dalam perkemahan pramuka penggalang se-wilayah Zona 4 Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Malangbong , (23-25/8/2019) Pasukan Senofati ( Soekarno-Fatmawati ) SDN 4 Mekarasih  tetap sumringah. Meski tidak menjadi juara umum tapi pangkalan Senofati sukses  meraih tiga piala bergengsi.

Pembantu pembina gugus depan, Imas Siti Masitoh, mengungkapkan, untuk lomba baca puisi, pidato serta lomba yel-yel pramuka. Dalam lomba tersebut, SDN 4 Mekarasih mampu menjadi yang terbaik dari yang baik se wilayah uatara Malangbong.

“Ada 7 kategori lomba yang dilombakan dalam perkemahan 3 di antaranya diboyong SDN 4 Mekarasih. Tahun ini kami memang gagal mempertahankan gelar juara umum, namun  meski demikian kita tetap bangga pada anak-anak didik. Apa yang mereka raih saat ini adalah hasil kerja keras dan jerih payah semua pihak di SDN 4 Mekarasih,” ungkapnya, Senen (26/8/2019).

Menurutnya, semua peserta memiliki kemampuan dan skill diatas rata-rata. Sehingga persaingan lebih ketat tahun ini. Sementara, untuk hasta karya dan kreasi seni direbut oleh SDN  5 Mekarasih, mereka mampu mendominasi gelar juara untuk tahun ini.

Di peringkat ketiga posisi diraih SDN 3 Mekarasih dengan meraih tiga gelar juara. Mereka menjadi jawara pertama untuk kebersihan dan keindahan areal tenda, serta menjadi juara kedua yel-yel, serta juara kedua kreasi seni.

Senada dengan Imas, Iwan Ridwan mengaku persaingan tiap peserta lebih terasa.  “Peserta perkemahan memiliki kemampuan yang sama, sehingga persaingan saangat ketat,” ujarnya.

Dodo Buhori, salah seorang masyarakat setempat yang juga komite di SDN 4 Mekarasih mengapresiasi keberhasilan sekolahnya dalam kegiatan perkemahan tahun ini.

“Anak-anak SDN 4 Mekarasih memang luar biasa. Kesuksesan itu bukan soal menjadi yang nomer satu. Tapi kesuksesan itu adalah kesolidan, kekompakan dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh mereka. Adapun hasil selama mereka berlatih adalah bonus yang layak mereka terima,” ungkapnya.

Diakuinya, saat ini sekolahnya memang tengah bebenah untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan meski dengan dukungan sarana dan prasarana yang sangat minim, serta kuranngya guru PNS disekolahnya.

“Tidak ada Guru PNS, mereka semua sukarelawan yang rata-rata masih jauh pengalamannya. Tapi kerja nyata mereka boleh diacungi jempol meski dengan segala keterbatasan yang mereka terima,” tambahnya.

Menurutnya, keterbatasan itu tidak menghalangi  mereka untuk mengabdi dan berkiprah memajukan dunia pendidikan termasuk kepramukaan. Meski tidak mampu mempertahankan juara umum setidaknya SDN 4 Mekarasih mampu mewarnai di zona 4 Kwaran Malangbong.

“Sayangnya, saat penutupan perkemahan panitia belum mengumumkan sekolah mana dan apa kriterianya yang menjadi perwakilan di Jambore Cabang Kabupaten Garut. Percepatan perkemahan di  zona 4 lantaran akan ada pemilihan perwakilan di tiap zona untuk mengikuti perkemahan Jambore Cabang di Kabupaten Garut. Namun hingga saat ini belum ada kabarnya,” pungkasnya. (*)

Penulis : Taf Senopati

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here