Petani Asal Karangpawitan Temukan Varietas Unggul MSP-9 Modip

garutexpress.id- Dalam peringatan Hari Krida Pertanian ke 47, seorang pertani padi memaerkan hasil temuannya. Dari hasil persilangan padi MSP dengan jenis lokal Galur menghasilkan bibit padi varietas yang dinamai  MSP-9 Modip.

Varietas unggung bibit padi jenis baru ini ditemukan oleh Ade Safurrohman pada tahun 2003 lalu. Ade juga diketahui, saat ini merupakan koordinator komunitas petani MSP.

MSP-9 Modip hasil temuannya itu belum didaftarkan untuk hak patennya. Ade beralasan, petani tidak butuh dengan label, tetapi butuh bibit unggul yang berkualitas agar produksinya meningkat.

“Dari MSP-9 Modip ini dapat menghasilkan 10 ton gabah kering per hektae. Dengan durasi tanam sekitar 100 hari dan bibit unggul ini dari satu rumpun dapat menghasilkan sampai 35 batang,” ujar Ade, saat ditemui wartawan di pameran Hari Krida Pertanian ke 47 di kompleks gedung Pendopo Garut, Selasa (20/8/2019).

Menurut Ade, keunggulan varietas MSP-9 Modip hasil temuannya sudah terbukti. Selain produksi yang cukup tinggi, padi ini juga tahan terhadap serangan hama. Disamping itu, saat dimasak dan menjadi nasi, pulen pula rasanya.

Diharapkannya, pemerintah bisa mengeluarkan regulasi untuk penyeberan bibit padi varietas unggul ini. Dalam 15 tahun terakhir, varietas unggul temuan Ade ini hanya disebar ke petani-petani lokal saja.

“Harapannya, dari pemerintah ada regulasi untuk penyebaran varietas unggul ini. Dengan adanya andil pemerintah diharapkan varietas ini lebih menyebar ke petani-petani ke seluruh Indonesia,” katanya. (*)

Penulis : Zenal

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here