Miliaran Rupiah Disiapkan untuk Proyek Rumah Sakit Bungbulang

garutexpress.id-  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menyiapkan anggaran sedikitnya Rp 2 Miliar untuk pembebasan lahan. Anggaran tersebut untuk proyek pembangunan rumah sakit di kawasan Kecamatan Bungbulang.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman dihadapan sejumlah awak media, Jumat (9/8/2019). “Sudah beli lahan di sana (Bungbulang). Tapi tidak jadi dibangun karena khawatir berbahaya (tanah labil). Makanya sekarang masih cari lagi lahannya,” katanya.

Menurutnya, lahan ideal yang diperlukan untuk membangun rumah sakit itu sekitar dua hektare. “Nantinya itu rumah sakit tipe D berkembang. Artinya kami ingin bisa jadi tipe C,” ujarnya.

Helmi menjelaskan, lahan untuk membangun Rumah Sakit Bungbulang masih belum ditentukan Pemkab Garut. Pada 2018 Pemkab Garut telah membeli lahan namun tak mendapat rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Untuk pembangunan rumah sakit, Helmi menyebut akan meminta alokasi dana dari Pemprov Jabar. Saat ini Pemprov sudah menyiapkan anggaran bagi daerah yang akan membangun rumah sakit tipe C.

“Makanya kami siapkan lahan untuk rumah sakit tipe C dulu. Tahun ini Detail Engineering Design (DED) juga disiapkan,” tandasya.

Helmi mengaku telah menyurvei enam lokasi untuk menjadi lahan rumah sakit. Sangat sulit mencari lahan yang datar di Bungbulung.

“Konturnya kan pegunungan.  Jadi susah cari lahannya. Yang sudah disurvei itu dua di Desa Hanjuang, dua di desa Bungbulang, dan dua di Desa Cihikeu,” katanya.

Related Post

Selain kontur yang berada di kemiringan, akses jalan masuk pun kecil. Helmi optimistis bisa segera menyediakan lahan di tahun ini (2019). Pada 2020, bangunan rumah sakit pun sudah bisa terwujud.

“Nanti juga akan konsul lagi dengan PVMBG dan masyarakat Bungbulang untuk penentuan lahan. Dinkes yang akan putuskan,” tukasnya.

Dikatakannya, pembangunan Rumah Sakit Bungbulang sudah sangat terlambat. Pemerintah mencari titik yang paling strategis dari akses jalan ke lokasi yang akan dibangun.

“Kalau sudah ada warga Bungbulang, Cisewu, Talegong, Pakenjeng, Caringin tidak perlu jauh ke rumah sakit. Yang dari Talegong juga tidak perlu ke Bandung,”  pungkasnya. (*)

Penulis : FW

Editor  : ER

 


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.