Kebakaran Terus Terjadi, Tiga Unit Rumah Warga di Cisurupan Hangus

Kondisi rumah warga pascaterbakar di kawasan Kampung Barukuray, Desa Sukatani, Kecamata Cisurupan, Kabupaten Garut, Selasa (6/8/2019).***

garutexpress.id- Musibah kebakaran terus melanda beberapa wilayah Garut, selain di kawasan Tarogong, di hari yang sama kebakaran terjadi Kampung Barukuray, Desa Sukatani, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Selasa (6/8/2019). Di kawasan ini, sedikitnya tiga unit rumah warga hangus dilalap api.

Menurut Kapolsek Cisurupan, Ipda Tito Bintoro, kebakaran yang telah menghanguskan tiga rumah warga tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Tiga rumah warga hangus yang akibat amukan api di antaranya milik Edah (55), Yayat (60), dan Kadar Mulyana (33).

“Ada tiga rumah warga yang rusak akibat peristiwa kebakaran yang terjadi Selasa siang. Ketiga rumah itu berada di wilayah RT 03 RW 05, Kampung Barukuray, Desa Sukatani,” ujarnya.

Diungkapkannya, ia bersama sejumlah anggota langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Petugas bersama warga berupaya memadamkan kobaran api serta mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

Dari hasil penyelidikannya, untuk sementara kebakaran diduga akibat arus pendek lstrik di salah satu rumah warga. Percikan api kemudian membakar bagian atap rumah dan dalam sekejap terus membesar serta merembet ke rumah lainnya yang jaraknya memang sangat berdekatan.

“Menurut saksi, api pertama kali muncul di bagian atap rumah Kadar. Api cepat membesar dan merembet hingga akhirnya menyebar ke bagian rumah lainnya bahkan ke dua rumah lainnya,” katanya.

Tito menambahkan, tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. Hanya saja kerugian materi ditaksir mencapai sekitar Rp 300 juta.

Para penghuni yang rumahya terbakar tambah Tito, telah dievakuasi dan untuk sementara diamankan di rumah saudara dan tetangga terdekatnya. Selain kehilangan tempat tinggal, mereka juga kehilangan harta benda yang berada di dalam rumah yang sama sekali tak sempat terselamatkan.

Tito berpesan, pada musim kemarau seperti sekarang ini memang rawan terjadi kebakaran baik rumah maupun lahan perkebunan. Oleh karenanya Tito mengimbau warga untuk senantiasa hati-hati dan menghindari melakukan perbuatan yang dapat memicu kebakaran. (*)

Penulis : Ahen

Editor    : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here