Inovatif, Poktan Sintok Cisewu Ciptakan Mesin Pengolah Sampah

garutexpress.id- Mesin pengolah sampah karya seorang pemuda dari Kelompok Tani Sintok Cisewu mencuri perhatian pengunjung pameran Hari Krida Pertanian di kompleks gedung Pendopo, Garut, Selasa (20/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima pemuda kelompok tani Sintok asal kawasan Garut selatan, tepatnya dari Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut.

Kelompok Tani Sintok yang diketuai Yudi Yanda ini sengaja menghadap Bupati Garut untuk memperkenalkan hasil kreasi inovatifnya. Mesin sederhana pengolah sampah ini merupakan mesin pengurai sampah yang bisa dijadikan pupuk organik.

Menurut Yudi Yana, kedatangannya di pendopo ini dalam rangka memamerkan mesin penghancur sampah hasil kreasinya di hadapan Bupati Garut.

”Kami ingin memamerkan hasil inovasi dari Poktan Sintok kepada pak Bupati,” ujarnya.

Diungkapkannya, atas respon Bupati Garut, pihaknya sangat bersyukur, sehingga bisa menjadi penyemangat Poktan Sintok untuk terus mengembangkan mesin ini.

”Alhamdulillah respon Bupati sangat baik, kami diminta untuk terus mengembangkan mesin ini untuk kebutuhan pupuk dan industri lain,” katanya.

Menanggapi inovasi Poktan Sintok Cisewu, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyampaikan apresiasnya. Menurutnya, ini merupakan teknologi tepat guna yang sangat inovatif.

” Ini hasil karya inovasi dari anak desa, ini patut untuk kita dukung. Untuk itu, kita akan berikan arahan untuk study litbang penelitiannya. Ini menjadi kebanggaan saya. Kita dukung hasil dari orang yang peduli terhadap lingkungan. Nanti akan kita kembangkan,” katanya. (*)

Penulis : Zenal

Editor  : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here