Idul Adha 1440, IKA SMANSA Angkatan 93 Luncurkan Program Qurma

garutexpress.id.- Sebagai sekolah favorit, SMAN 1 Garut memang tak diragukan lagi, berbagai prestasi peserta didiknya yang kerap menjadi perbincangan publik. Tak heran, setiap tahunnya SMAN 1 Garut boleh dibilang selalu melahirkan generasi handal dan hebat.

Hampir di setiap kesempatan para alumni SMAN 1 Garut kerap menunjukan kepeduliannya, baik terkait pendidikan di almamaternya maupun aksi sosial di masyarakat.

Sebagai wujud kepedulian dan dedikasnya terhadap almamater dan masyarakat, di tahun 2019 bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, alumni SMAN 1 angkatan 1993 yang tergabung dalam IKA Alumni SMANSA meluncurkan sebuah program yang disebut Qurma (Qurban untuk Sesama).

Demikian diungkapkan, Haris Juandi, SE., M.Pd., yang merupakan alumni SMAN 1Garut, sekaligus pengagas program tersebut. Haris berharap, teman temannya sesama alumni SMAN 1 Garut tak hanya hebat dan handal saja, namun yang tak kalah pentingnya adalah memiliki rasa sosial tinggi.

“Tentunya kita berharap, rekan rekan sesama alumni (SMAN 1 Garut) dapat membuktikan bahwa mereka bukan hanya hebat dan handal saja. Yang tak kalah pentingnnya, mereka pun memiliki sikap dan prilaku yang mulia dan memiliki kepedulian dan rasa sosial yang tinggi,” ujar Haris, disela-sela prosesi penyembelihan hewan kurban di kompleks Masjid Al-Khoir, Jalan Gordah, No.21, Kelurahan Jayawaras, Kecamatan Tarogong kidul, Garut, Ahad (11/8/2019).

Menurutnya, setelah meluncurkan program Tunas (Santunan Anak Sekolah) , kini IKA Alumni SMAN 1 Kabupaten Garut angkatan tahun 1993 juga meluncurkan program QURMA (Qurban untuk Sesama).

“Program ini kita luncurkan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar keluarga alumni Smansa, khususnya angkatan tahun 1993. Alhamdulillah, pada tahun pertama ini Program Qurma dari alumni terkumpul sebanyak 3 ekor sapi.  satu ekor sapi diserahkan kepada panitia Qurban SMAN 1 Garut untuk dipotong dan dibagikan kepada warga sekitar dan keluarga besar SMAN 1. Sedangkan 2 ekor sapi diserahkan pemotongan dan pengurusannya kepada panitia yang juga alumni,” ungkapnya.

Menurut panitia kurban setempat, pembagian daging kurban sebanyak 400 bungkus akan dibagikan kepada yang berhak, di anataranya yayasan yatim piatu, panti jompo, panti asuhan, SLB, korban banjir,serta masyarakat dan warga yang kurang mampu.

“Pada pelaksanaan pemotongan dan pembagian daging kurban, sebagaimana Tagline Qurban untuk Semua,  maka kepanitian dikelola oleh alumni, distribusi oleh alumni dan diberikan kepada alumni 93 yang ada di Garut,” ujarnya.

Dijelaskannya, sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Garut dalam rangka mengurangi penggunaan kantong plastik, maka untuk pembagian daging tidak menggunakan kantong plastik, panitia meggunakan wadah dari anyaman bambu (besek).

“Penggunaan besek  untuk wadah dagung kurban ini juga sebagai upaya kami dalam menyadarkan masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua IKA SMANSA Angkatan 93,Dandeni Herdiana, SH., MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang telah mendukung terselenggaranya program Qurma yang digagas alumni SMAN 1 Garut ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua yang telah membantu terlaksananya program ini. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa menjadi contoh bagi yang lain agar peduli terhadap teman , guru-guru kita dan juga masyarakat yang yang membutuhkan. Selanjutnya, ini semua  sebagai wujud kepedulian kami terhadap sesama.  Khususnya sahabat-sahabt kami beserta keluarganya yang membutuhkan perhatian dari kami sebagai sahabatnya. Ini pula yang menjadi langkah kami dalam mengaplikasikan semua pesan dan ilmu yang diajarkan oleh guru-guru kami di SMANSA ,” terangnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN 1 Garut, Drs H Achdiat Kusdani, M Pd., orang nomor satu di sekolah bergengsi di kota Garut ini memberikan apresiasi besar kepada IKA SMANSA Angkatan 1993 yang telah memberikan kontribusi postif bagi almamaternya.

Menurutnya, program yang digagas dan direalisasikan IKA SMANSA tahun 1993 ini bisa menjadi terobosan yang mulia serta menjadi contoh bagi generasi selanjutnya.

“Dan tentunya, sebagai kepala sekolah saya merasa bangga, karena SMAN 1 telah melahirkan orang-orang yang sukses serta berahlak mulia. Mudah-mudahan program ini terus berkembang, lebih maju lagi dan menjadi inspirasi bagi angkatan-angkatan yang lainnya,” katanya.

Ditemui saat proses penyembilhan hewan kurban di SMAN 1 Garut, Izak, yang juga alumni SMAN 1 Garut angkatan 93, menegaskan, bahwa program Qurma yang digagas bersama rekan-rekan seangkatan ini merupakan wujud nyata kepdeluian alumni terhadap masyarakat.

“Alhamdulillah, ini merupakan gagasan kita semua (alumni SMANSA’93) sebagai wujud kepedulian sosial terhadap masyarakat. In sya Allah, kedepannya kita akan terus bertupaya untuk lebih meningkatkan lagi berbaghai program sosial lainnya,” ujar Izak yang didampingi Astuti, sesama alumni SMANSA 93. (*)

Penulis : kang Cep


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here