Idul Adha 1440 H, Cek Daftar Lengkap Harga Hewan Kurban Berikut

garutexpress.id- Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Maka dari itu, kaum Muslimin di seantero dunia mejalankan rangkaian ibadah khusus di bulan ini. Selain rangkaian ibadah haji di tanah suci Makkah.

Momen Idul Adha di seluruh dunia juga ditandai dengan penyebelihan hewan kurban sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT

Nah, untuk seorang Muslim yang sudah mampu, berkurban itu merupakan suatu kewajiban.

Untuk berkurban ini, kita tentu harus mengetahui jenis dan harga hewan yang layak untuk disebelih dan dikonsumsi.

Berikut daftar lengkap harga hewan kurban tahun 2019 yang berhasil dihimpun garutexpress.id dari berbagai sumber,

Pertama, mari bahas daftar harga beberapa jenis kambing, sebagai berikut:

#1 Harga Kambing Jenis Gibas

Jenis kambing gibas merupakan salah satu jenis kambing yang banyak dicari untuk dikurbankan. Jenis kambing ini memiliki ciri berat badan yang tinggi dan cara pemeliharaannya juga mudah.

Daya tahan tubuh kambing jenis ini sangat kuat, sehingga mudah untuk diternakkan. Kambing ini biasa digunakan sebagai hewan aqiqah maupun hewan kurban.

Kambing gibas memiliki dua spesies, yaitu kambing gibas ekor tipis dan kambing gibas ekor gemuk. Kambing gibas ekor tipis adalah kambing asli Indonesia dan sering ditemui di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Ciri jenis ini memiliki tubuh yang kecil, bulu kasar, dan warna coraknya antara hitam, putih, dan bercak coklat.

Sedangkan jenis kambing gibas ekor gemuk memiliki ciri ekor yang kasar, panjang, dan tidak memiliki tanduk serta ukuran kepalanya yang besar.

Harga jual kambing dengan jenis ini sangat tinggi. Harga ini dikeluarkan sesuai dengan umur dan kondisi dari kambing itu sendiri.

Harga kambing gibas betina kisaran Rp600.000 sampai Rp1.600.000. Sedangkan harga kambing gibas jantan sekitar Rp1.000.000 sampai Rp2.400.000.

Tentunya harga ini merupakan standarisasi harga dari berbagai penjual yang terdapat di pasaran jual beli kambing gibas.

 #2 Harga Kambing Jenis Kacang

Jenis kambing kacang ini memang berfungsi untuk dikonsumsi dagingnya, sehingga dalam hal ini jenis kambing kacang banyak sekali digunakan oleh umat muslim sebagai hewan kurban.

Jenis kambing kacang ini sangat banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Harga kambing ini terbilang lebih murah dibandingkan jenis kambing yang lainnya.

Adapun ciri kambing kacang adalah memiliki corak yang berwarna hitam, putih, coklat, dan kombinasi diantara ketiga warna tersebut.

Kambing jenis ini juga memiliki bentuk kepala yang kecil dan ringan. Selain itu, tubuh kambing kacang ini kecil dan memiliki tanduk yang pendek.

Harga yang dapat dijumpai untuk jenis kacang betina kisaran Rp800.000 sampai Rp2.300.000. Sedangkan harga kambing jantan kisaran Rp1.000.000 sampai Rp2.600.000.

#3 Harga Kambing Jenis Boerawa

Kambing jenis Boerawa ini memang bukan kambing dari Indonesia. Kambing jenis Boerawa merupakan hasil persilangan antara kambing peternakan etawa dengan kambing jenis bier.

Kambing ini dapat menjadi salah satu kambing yang dikurbankan pada saat hari raya Idul Adha.

Ciri kambing boerawa ini memiliki corak warna putih namun pada bagian leher hingga kepala didominasi warna hitam.

Kambing ini memiliki tanduk disertai telinga yang panjang. Kambing jenis ini juga memiliki ciri kaki panjang disertai tubuhnya yang relatif kecil pula.

Harga kambing dengan jenis ini memiliki kisaran harga untuk jenis betina Rp700.000 sampai Rp2.000.000. sedangkan kambing Boerawa jantan memiliki kisaran harga Rp800.000 sampai Rp2.100.000.

Hewan kambing memang banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, para peternak juga senang memelihara kambing karena selain biayanya yang murah, kambing juga memiliki daya tahan tubuh yang bagus sehingga mudah untuk dirawat.

Berbagai jenis kambing di atas merupakan jenis kambing yang banyak dicari oleh umat Islam untuk dikurbankan.

Harga kambing di pasaran ini memang nampak naik menjelang Hari Raya Idul Adha, karena jumlah permintaan pada menjelang hari besar ini sangat tinggi.

Tentunya hal ini dapat menjadi keuntungan tersendiri pada para peternak yang menjalankan bisnis dalam bidang ini.

Bisnis kambing untuk kurban bukan hal yang baru di Indonesia. Bisnis ini bisa musiman juga dan tentunya dapat dijadikan pekerjaan sampingan apabila mempunyai partner dalam melakukan berbagai transaksi, pengiriman, dan perawatan.

Related Post

Selain itu, Anda sebagai pencari hewan kambing untuk kurban sebaiknya memilih kambing dengan kondisi yang bagus karena fungsi dari memberikan kurban ini adalah untuk pembersihan diri dari dosa.

Selanjutnya, selain hewan kambing, ada juga beberapa jenis sapi yang bisa menjadi pilihan untuk dikurbankan.

Sapi merupakan hewan kurban yang paling mahal dibandingkan hewan kurban lainnya. Apalagi jika sapi tersebut merupakan jenis limosin. Harga sapi tersebut akan jauh lebih mahal lagi.

Meski sapi limosin memiliki harga yang tinggi, masih tetap banyak orang yang memburu sapi yang satu ini. Daging sapi memang lebih banyak disukai oleh kebanyakan orang ketimbang daging kambing.

Selain itu, daging sapi limosin juga memiliki cita rasa yang lebih lezat dibanding sapi biasa. Tak hanya itu, sapi limosin juga termasuk ke dalam sapi jumbo karena bisa mencapai berat hingga satu ton.

Dilansir dari Blog.kitabisa.com, berikut ini daftar harga beberapa jenis sapi yang bisa Anda pertimbangkan:

#1 Sapi Limousin

Pertambahan bobot badan harian sapi limousin relatif signifikan jika dibandingkan sapi lokal. Hewan ini bisa mencapai bobot lebih dari satu ton ketika dewasa.

Sapi limousin dengan bobot 1,8 ton dan berumur 2-3 tahun, harganya sekitar Rp25.000.000-Rp50.000.000. Harga tersebut sebanding dengan kualitas daging limousin yang tergolong empuk, padat, dan bertekstur bagus.

#2 Sapi Peranakan Ongole (PO)

Sapi Peranakan Ongole atau lebih populer dengan sebutan sapi putih, merupakan persilangan dari ongole asal India dan lokal Indonesia.

Jenis sapi ini banyak digunakan untuk kurban kalangan menengah ke bawah. Hal itu karena harga sapi ini relatif murah.

Tahun 2019, harga sapi bakalan Peranakan Ongole sekitar Rp11.000.000-13.000.000. Harga ini terbilang lebih rendah daripada bakalan Simental dan Limousin.

Sementara harga jual sapi Peranakan Ongole yang siap kurban, sekitar Rp17.000.000-20.000.000.

#3 Sapi Simental

Simental berasal dari daratan Switzerland (Swiss), tepatnya di daerah Simme.

Namun, jenis ini lebih cepat berkembang biak di Amerika, Australia, dan Selandia Baru. Bahkan, beberapa negara di benua tersebut menjadi penghasil daging sapi terbesar di dunia.

Jika dirunut sesuai fungsinya, sapi simental adalah jenis pedaging dan perah. Artinya, Anda bisa mengambil daging maupun susu dari sapi tersebut untuk dikonsumsi.

Sementara itu, pertumbuhan sapi Simental tergolong cepat. Ketika dewasa, sapi simental jantan mampu mencapai bobot sekitar 1-2 ton.

Bagi Anda yang ingin kurban sapi Simental di tahun 2019, bisa mulai membeli dari sekarang. Perkiraan harga saat ini sekitar Rp20.000.000-Rp50.000.000, untuk ukuran kecil sampai sedang.

Kalau Anda membeli sapi simental ukuran jumbo, harganya beda lagi, bisa mencapai Rp80.000.000-100.000.000.

#4 Sapi Brahman

Ciri-ciri sapi Brahman hampir mirip Peranakan Ongole, bedanya Peranakan Ongole tidak memiliki punuk dan gelambir besar.

Negara asal sapi tersebut adalah India. Menurut silsilah, sapi brahman merupakan keturunan zebu dari India atau dikenal dengan sebutan boss indiscuss.

Meski begitu, proses pengembangan genetiknya dilakukan di Amerika. Semula, sapi brahman masuk ke Amerika pada tahun 1849. Di sana, mutu genetik sapi brahman ditingkatkan.

Lantas, hasilnya diekspor ke berbagai negara, termasuk Australia. Oleh Australia, sapi Brahman dikawinkan dengan sapi lokal, yakni jenis Hereford dan Shorthorn. Keturunannya disebut Brahman Cross.

Kawin silang yang dilakukan Australia menjadikan sapi Brahman lebih cepat bertumbuh. Bobot badan hariannya pun bertambah secara signifikan. Karena itu, tak heran, harga sapi Brahman mencapai Rp40.000.000 saat Idul Adha. (*)

Dari berbagai sumber

Editor : ER

 

 

 


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.