Hebohnya Ekspresi Warga Salakuray Merayakan Agustusan

garutexpress.id- Beragam cara masyarakat menyambut HUT RI ke 74 tahun ini (2019). Sebagian warga di pedesaan merayakan ‘Agustusan’ ini dengan berbagai hiburan. Entah itu perlombaan tradisional, kesenian tradisi hingga hiburan spontan yang menggambarkan kegembiraan.

Seperti halnya di wilayah Kabupaten Garut lainnya, warga Kampung Legokringgit, Desa Salakuray, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut juga merayakan HUT RI ini dengan berbagai ekpresi “aneh-aneh.”  Mereka melakukan karnaval dengan heboh. Berdandan sesuka hati, ada yang berdandan ala tentara, berdandan ala orang pedalaman hingga melumuri tubuh dengan cat aneka warna.

“Ya, iniliah ekspresi kami warga Legokringgit. Kemeriahan ini tak lain sebagai ekspersi rasa syukur kami atas kemerdekaan RI yang ke 74,” ujar Adad Hadiansyah, salah seorang panitia karnaval di Kampung Legokringgit, Sabtu (17/8/2019).

Sementara itu, untuk mengikuti karnaval Agustusan ini, Risnandi, salah seorang panitia acara lainnya, mengaku sengaja menghimpun dana patungan dari pemuda dan warga sekitar. Hal ini dilakukannya semata untuk memeriahkan HUT RI ke 74.

Related Post

“Yang penting meriah dan seru, kita patungan untuk biaya karnaval ini. Ya sekalian hiburan lah setahun sekali,” ujar Aris yang dikenal sebagai Bobotoh Persib fanatik asal Kampung Legokringgit.

Karnaval yang digelar warga Kampung Legokringgit ini berkonvoi mengelilingi jalang desa dipimpin Ajang Zaeni yang tak lain Kepala Desa Salakuray. Menurut Ajang, keseruan yang dilakukan warganya itu adalah bentuk partsipasi warganya demi suksesnya perayaan HUT  RI ke 74.

“Kemeriahan karnaval ini adalah bentuk partisipasi masyarakat Desa Salakuray dalam mensukseskan HUT RI ke 74. Ini merupakan ekspresi kegembiraan warga kami dan mesyukuri kemerdekaan,” katanya. (*)

Penulis : ER

Editor   : Kang Cep


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.