Hafal Qur’an 30 Juz, Kuliah di IPI Garut Gratis

garutexpress.id- Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut adalah salah satu kampus terkemuka di Kabupaten Garut. IPI sendiri merupakan ‘reinkarnasi’ dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut yang saat itu dipimpin Drs H. Imid Hamid, M.Pd., salah seorang tokoh pendidikan kharismatik di Kabupaten Garut.

STKIP atau kini IPI sudah dikenal luas sebagai kampus dengan lulusannnya yang cukup berkualitas. Tak heran, lulusannya banyak berkontribusi di dunia pendidikan maupun berbagai instansi di lingkungan pemerintah daerah.

Memasuki tahun ajaran baru tahun 2019, IPI Garut kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang III. Dalam PMB kali ini, IPI membuka kesempatan khusus bagi calon mahasiswa yang hafidz Al Qur’an atau penghafal Qur’an.

Menurut rektor IPI Garut,  Dr. Nizar Alam Hamdani, MM., MT., M.Si., kesempatan menarik yang disodorkan bagi calon mahasiswa IPI ini berupa beasiswa biaya kuliah.

“Beassiwa tersebut  di antaranya, untuk beasiswa yang hafidz Qur’an minimal 5 juz digratiskan satu semester. Dan bagi calon mahasiswa yang hafal 30 juz, maka full gratis kuliah di IPI Garut,” ungkap Nizar, Kamis (29/8/2019).

Menurutnya, pada tahun ini (2019) tercatat ada 425 calon mahasiswa baru IPI yang mengikuti Test Potensi Akademik (TPA) dalam proses PMB gelombang ketiga.

“Hasil test seleksi terbaik nanti akan diumumkan pada kegiatan Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB),”  ungkapnya.

Ditambahkannya, bagi calon dan mahasiswa prestatif, IPI Garut senantiasa memfasilitasi berbagai beasiswa. Beasiswa tersebut mulai dari program Bidikmisi, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA), Beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Beasiswa Tahfidz Quran.

“IPI berkomitmen menjadi perguruan tinggi yang unggul di Indonesia. Hal ini kami lakukan demi terwujudnya mahasiswa dan lulusan yang unggul dan berpreatasi, baik di tingkat regional, nasional, bahkan internasional,” ungkapnya. (*)

Penulis : Kang Cep

Editor  : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here