Gunung Guntur Kebakaran Musim Hujan Segera Tiba, Mitos atau Fakta ?

Kapolsek Tarogong kaler, Ipda Asep Saepudin, saat melakukan pendakian di kawasan Gunung Guntur Garut, Sabtu (10/8/2019)***

garutexpress.id- Sebagian masyarakat Garut mempercayai, jika terjadi kebakaran di Gunung Guntur maka itu pertana musim hujan segera tiba. Namun, anggapan masyarakat itu bisa dikatakan mitor belaka. Pada faktnya, setelah dilakukan penelusuran, ternyata penyebab utama kebakaran di kawasan Gunung Guntur di kawasan kecamatan Tarogong Kaler diakibatkan pembukaan lahan di lereng Hunung Guntur.

Kapolsek Tarogong Kaler, Ipda Asep Saepudin menegaskan , kebakaran yang kerap kali terjadi di lereng Gunung Guntur, pertanda musim hujan akan tiba adalah mitos belaka. Menurutnya kebakaran yang terjadi lebih diakibatkan oleh pembukaan lahan yang dilakukan sekelompok masyarakat dengan cara membakar ilalang.

” Jadi sebenarnya ini ulah pemilik lahan yang membuka lahan dengan cara dibakar. Lantas api merembet dan membesar  ke tanaman ilalang di lereng Gunung Guntur, ” ujarnya, Sabtu  (10/8/ 2019).

Baru-baru ini sekelompok masyarakat lereng Gunung Guntur dan anggota Polsek Tarogong Kaler Garut melakukan pendakian, hasilnya menemukan warga yang sedang membuka lahan di Blok Citiis antara perbatasan Gunung Guntur dan Gunung Masigit.

Warga dan petugas juga menemukan adanya lokasi pembukaan lahan di perbatasan antara Gunung Guntur dan Gunung Putri. ” Kami langsung mengingatkan warga agar tak membakar ilalang dari lahan mereka, ” ujar Asep.

Asep menyebut, kebakaran Gunung Guntur juga diakibatkan aksi pembakaran lahan yang dilakukan oleh warga penggali pasir illegal. Para penambang pasir sengaja membakar lahan agar, nanti saat hujan turun dengan mudah dapat mengumpulkan pasir.

” Ini juga ulah penambang pasir liar yang sudah berlangsung puluhan tahun, jadi membakar lahan agar illang yang menahan pasir mati sehingga pasir akan mudah terbawa air kebawah, ” tukasnya.

Asep menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas bagi siapapun warga yang melakukan pembakaran ilalang disekitar lereng Gunung Guntur. “Apapun alasannya, pembakaran ilalang tersebut selama ini menjadi penyebab terbakarnya lereng Gunung Guntur, ” tabdasnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor  : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here