Festival Kuliner Gratis Sambut Tahun Baru 1441 Hijriah di Cihuni

SUASANA Fewstival Kuliner Gratis menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1441 Hijriah di Kampung Cihuni Girang, Desa Gandamekar, Kecamatan Kadugora, Kabupaten Garut, Jumat (30/8/2019)/ foto: Useu G Ramdani/garutexpress.id.***

garutexpress.id- Ribuan warga Kampung Cihuni Girang, Desa Gandamekar, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, berdesak-desakan memenuhi jalan kampung. Suasana malam berbeda dari biasanya tersebut dirasakan warga saat digelar Festival Kuliner Gratis yang menandai penyambutan malam tahun baru Islam, 1 Muharam 1441 Hijriah, Jumat (30/8/2019) malam.

Festival kuliner gratis ini digagas M. Anas Nasrullah yang merupakan salah seorang tokoh pemuda setempat . Anas bersama warga Cihuni Girang sengaja menggelar kegiatan tersebut sebagai wujud rasa syukur dengan tibanya tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

Dalam festival tersebut, hanya dengan berbekal kupon yang telah disediakan panitia, warga yang berkunjung ke lokasi festival kuliner ini bisa menikmati aneka penganan khas sepuasnya. Tanpa mengeluarkan uang speserpun, alias gratis.

Beragam jenis kuliner yang disediakan panitia disediakan panitia dengan dana swadaya warga sekitar. Aneka jenis aneka jajanan tersebut, dia antarnya ada bakso, colenak, ubi olahan, dodol dan lain-lain.

Tak hanya kuliner khas daerah yang disediakan, panitia juga menyajikan kuliner dengan sentuhan moderen, semisal kue dorayaki, spagethi hingga sate.

Ketua panitia festival kuliner gratis, Anas Nasruloh mengatakan, puluhan lapak jajanan yang disediakan itu murni didanai swadaya masyarakat.

“Dananya, festifal kuliner ini dari swadaya murni masyarakat. Semua warga bisa menikmati makanan yang disukai dengan cara menukarkan kupon yang sudah dibagikan oleh panitia satu hari sebelumnya. Festival kuliner gratis kali ini merupakan yang kedua kalinya. Selain dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 Hjriah, tujuan utamanya adalah melestarikan kuliner khas daerah, dan tentu saja kegiatan ini digelar untuk mempererat tali silaturahmi antar warga juga,” ungkapnya, Jumat,(30/08/2019).

Saat berlangsungnya acara, warga Kampung Cihuni Girang dari segmentasi usia tampak begitu menikmati acara langka ini.  Mereka berbaur bercengkarama seraya menikmati beragam penganan yang disediakan di sejumlah lapak.

“Festival kuliner gratis ini akan menjadi agenda tahunan di Cihuni Girang. In sya Allah kedepannya akan semakin meriah,” ujar Anas.

Sementara itu, Farhan Firmansyah (14) salah seorang pengujung berharap, agar acara jajan gratisan tersebut sering-sering diadakan di kampungnya. “Lumayan mengenyangkan dan bisa hemat uang jajan, kan hanya ditukar kupon saja,” tuturnya seraya menikmati cilok dan es campur gratis. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here