Berlokasi di Ujung Garsel, SMP KJ Talegong Bantu Kurangi Angka Putus Sekolah

garutexpress.id- Keberadaan SMP Kelas Jauh (KJ) Talegong menjadi salah satu harapan warga untuk buah hantinya yang hendak melanjutkan sekolah. Pasalnya, sekolah di ujung Garut selatan (Garsel) ini sangat membantu mengurangi angka putus sekolah.

Sayangnya, hingga saat ini harapan para siswa SMPN 1 Talegong KJ di Desa Sukamaju, Kecamatan Talegong untuk memiliki bangunan sekolah yang layak belum bisa terwujud.

Tasripin (34), guru SDN 3 Sukamaju jadi salah satu yang menginginkan keberadaan SMP KJ di Desa Sukamaju. Ia juga pernah mengajar para siswa di SMP KJ. Apalagi sejak berdiri 2005, semua siswa SMP belajar di sekolahnya.

“Sebelum ada SMP di sini, banyak yang tidak meneruskan sekolah. Soalnya jauh harus sekolah ke SMP 1. Cuma 30 persen yang meneruskan,” ujar, Rabu (21/8/2019).

Sejak adanya SMP KJ, angka putus sekolah semakin berkurang. Bahkan semua siswa dari tiga SD yang ada di Sukamaju melanjutkan sekolah ke SMP Sukamaju.

“95 persen sekarang melanjutkan ke SMP. Dulu banyak yang putus sekolah,” katanya.

Sementara itu, Titin (30), guru PKN SMP KJ yang juga pengajar di dua sekolah, yakni SDN 3 Sukamaju dan SMP KJ, mengakui keberadaan SMP KJ ini sangat membantu.

Titin mengisahkan, saat SMP Ia harus berjalan kaki untuk ke SMPN 1 Talegong di Desa Sukamulya. Ia mengingat saat itu da 30 orang yang melanjutkan ke SMP.

“Berangkat dari rumah jam 5 subuh. Kumpul dulu semuanya di lapang desa. Setelah lengkap baru berangkat. Jam 6.30 baru sampai ke sekolah,” kisahnya.

Jika menggunakan ojek, saat itu ongkos yang harus dikeluarkan sebesar Rp 40 ribu pulang pergi. Ia berharap, kini ada SMP yang dibangun di Sukamaju untuk memudahkan anak-anak menuntut ilmu. “Di sini ada 12 guru yang mengajar. PNS nya cuma satu. Sisanya merangkap ngajar SD sama SMP,” katanya. (*)

Penulis : FW
Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here