Ungkap Potensi Produk Lokal, Mahasiswa STIE Yasa Anggana Garut Gelar KKM-PPM di Tasikmalaya

garutexpress.id- Sedikit ada 505 mahasiswa STIE Yasa Anggana Garut diberangkatkan ke Tasimalaya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemerdayaan Masyarakat (PPM). Ratusan mahasiswa yang akan melaksanakan program KKN ini secara resmi di Aula STIE Yasa Anggana, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut, Jumat (12/7/2019).

Sebelum diberangkatkan ke Tasikmalaya, para mahasiswa diberi pembekalan dan pemantapan materi oleh sejumlah dosen berkompeten.

Saat prosesi pelepasan, penyematan pin KKN PPM oleh Ketua Yayasan STIE Yasa Anggana Garut H Selamet Tanoe menandai keberangkatan mereka. Disamping Ketua Yayasan, Ketua STIE Yasa Anggana Garut Tita Rachtawati Santanu SE, MM didampingi Dadang Syafarudin, SE, MM selaku Direktur LP2M juga turut serta melakukan penyematan secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa.

Menurut Ketua panitia KKN-PPM, Akbar, tahun 2019 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini KKN-PPM dilaksanakan di luar kabupaten Garut. Di Kabupaten Tasikmalaya ratusan mahasiswa yang bibagi menjadi 15 kelompok ini akan menggelar KKN yang disebar di 4 Kecamatan dan 15 Desa.

KKN-PPM tahun ini (2019) mengusung tema “Mengangkat Pengembangan Potensi Produk Lokal,” tema yang diangkat tersebut berangkat dari isyu terkini, terkait keberadaan desa yang kerap dianggap sebagai objek dan sekarang dinilai sebagai subjek.

“Di wilayah Tasik ini memiliki produk unggulan yaitu manggis. Saat ini sudah menjadi barang ekspor ke luar negeri. Kita ingin masyarakat semua di sana bisa secara merata mendapatkan manfaat dari manggis itu. Tidak hanya sebagian kelompok itu saja akan tetapi semua warga di sana dapat merasakan manfaatnya,” ujar Akbar.

Diharapkannya, dengan kehadiran peserta KKN-PPM ini bisa menjadi penggerak sehingga dapat memberikan motivator bagi generasi muda dilingkungan wilayah sekitarnya. (*)

Penulis : zenal
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here