Terungkap, Ternyata Ada Banyak Perempuan Bernama Asep

SUASANA Acara silaturahim akbar Komunitas Asep Asep (KAA) yang digelar Dewan Pengurus Daerah (DPD) KAA di Gedung Beladiri SOR Ciateul, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut , Minggu (7/7/2019)***

garutexpress.id-  Ada fakta menarik terungkap terkait nama Asep yang selama ini diidentikan dengan nama seorang pria asal Sunda atau Jawa Barat. Ternyata anggapan tersebut terpatahkan.

Menurut Asep Tutuy yang merupakan Ketua Umum KAA (Komunitas Asep Asep) di Jawa Barat tercatat ada 343026 orang bernama Asep, dari jumlah tersebut sekitar 1100 lebih di antaranya berjenis kelamin perempuan.

“Dari data yang didapat pertengahan tahun 2016 lalu, menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ada sebanyak 343026 warga Jabar yang bernama Asep. Dan yang menarik, 1100 lebih di antaranya berjenis kelamin perempuan. Namun,  di database anggota KAA belum ada yang terdaftar Asep yang perempuan,” tutur Asep Tutuy kepada garutexpress.id.

Hal itu disampaikan oleh Asep Tutuy Turyana saat membuka acara silaturahim Akbar Komunitas Asep Asep yang diadakan Dewan Pengurus Daerah (DPD) KAA di Gedung Beladiri SOR Ciateul, Kecamatan Tarogong kidul, Kabupaten Garut , Minggu (7/7/2019).

Acara yang diikuti oleh ribuan anggota KAA dari berbagai daerah di Indonesia tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, dari mulai pelantikan dan pengesahan kepengurusan DPD di seluruh kabupaten hingga pemberian penghargaan kepada anggota KAA dan juga kegiatan hiburan lainnya.

Perlu diketahui, dalam bahasa Sunda nama Asep itu asal kata dari ‘kasep,’ Asep bisa diartikan ganteng atau tampan. Bagi para orang tua di tanah Sunda, ada tradisi pemberian nama Asep itu merupakan bentuk kasih sayang terhadap anak laki-lakinya.

Nah, jika ada nama Asep berjenis kelamin perempuan, ini fakta menarik yang tentunya perlu penelusuran lebih mendalam. Sayangnya, hingga saat ini dalam Komunitas Asep Asep, pengurus KAA sendiri belum mencatat adanya nama Asep perempuan yang ikut bergabung. (*)

Penulis : Agus Muhram

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here