Siswi SMP Ini Sempat Disangka Hamil, Kisah Pilu Penderita Kista Ovarium dari Selaawi

CAMAT Selaawi, Ridwan Effendi, didampingi Forkopim Selaawi saat mengunjungi penderita kisa ovarium di Kampung Cilanjung, RT 01/07, Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, Selasa (9/7/2019).***

garutexpress.id- Sejak sebulan yang lalu, Erni nuraeni (15) merasakan keganjilan di dalam tubuhnya, terutama di bagian perut. Selain terasa sakit, kian hari perut Erni terlihat smakin membesar. Melihat kejadian tersebut, orang tua Erni, Eha Julaeha (40) dan Lili Suheri (50) merasa kaget. Bahkan sempat menyangka jika putrinya itu hamil diluar nikah.

Erni yang merupakan anak kedua dari 5 bersaudara ini masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Wajar saja kedua orang tuanya merasa sangat khawatir saat melihat perut anaknya itu membesar seperti orang yang sedang hamil.

Penasaran dengan kondisi anaknya, kedua orang tua Erni membawanya ke puskesmas Selaawi untuk diperiksa. Setelah di periksa, pihak puskesmas merujuk Erni ke RSU dr. Slamet Garut. Hasil dua kali pemeriksaan, Erni divonis menderita penyakit kista ovarium.

Menurut Eha, anak perempuannya itu sebulan yang lalu merasakan sakit di bagian perut dan susah buang air besar.

Hasil pemeriksaan yang menyatakan Erni menderita kista ovarium, membuat Eha dan Lili bingung. Pasalnya, jangankan untuk berobat penyakit anaknya, Lili yang hanya buruh serabutan itu mengatakan, untuk kebutuhan sehari-harinya saja merasa kesusahan.

Bahkan, rumah bilik berukuran 4×5 meter yang kini ditempatinya, berada di atas tanah orang lain yang merasa iba terhadap kondisi keluarganya.

“Jangankan untuk biaya operasi, tidur aja harus berdesakan di dalam gubuk reyot dengan 5 anak, termasuk saya. Darimana saya harus menyediakan uang yang tidak terbayang besarnya itu,” tutur Lili, seraya menyeka air matanya, Selasa (09/07/2019).

Mengetahui ada warganya yang menderita, pemerintah Kecamatan Selaawi bersama semua unsur yang peduli segera turun tangan. Upaya penggalangan dana yang bekerja sama dengan pihak swastapun di lakukan.

CAMAT Selaawi, Rirwan Effendi bersama rombongan berfoto di depan rumah penderita kista ovarium, Erni dan keluarga di Kampung Kampung Cilanjung, Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Selasa (9/7/2019).***

Kepala Puskesmas Selaawi, Aceng M Turmudi, mengatakan, beberapa langkah sudah di lakukan. “Karena ini harus ditangani melalui oprasi, maka akan memerlukan biaya yang lumayan besar. Disamping memikirkan untuk oprasi, kami juga ikut memikirkan bagaimana keluarga Erni bisa mempunyai tanah dan rumah yang layak. Alhamdulillah, walaupun masih kurang, kini sudah ada dana terkumpul untuk biaya pengbatan Erni,” ungkap Aceng.

Erni kini masih bergelut dengan penyakit yang dideritanya. Ia tinggal bersama keluarganya di sebuah gubuk yang tak layak huni di kawasan Kampung Cilanjung, RT 01/07, Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut.

Rencannya, jika anggran untuk biaya pengobatannya sudah terkumpul, Erni dijadwalkan akan menjalani oprasi pengangkatan kista ovariumnya pada tanggal 26 Agustus 2019 mendatang. Aceng berharap, agar selama pengobatan bisa berjalan lancar.

“Jika ada pihak dermawan yang berniat membantu meringankan beban Erni sebelumnya kami ucapkan terima kasih. Setelah selesai oprasi dan masa pemulihan, Erni yang saat ini masih tercatat sebagai siswi kelas 9. Semoga segera bisa sembuh dan  bisa melanjutkan sekolah, serta menjadi koki hebat sesuai dengan cita-citanya selama ini,” pungkasnya. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor   : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here