Simbolis dari “Babancong,” Ratusan Jemaah Haji Kloter 1 Garut Dilepas Bupati

garutexpress.id- Sedikitnya tercatat ada 410 calon jemaah haji kloter 1 Kabupaten Garut atau Kloter 14 Jawa Barat resmi diberangkatkan. Pelepasan calon jemaah haji ini dipimpin langsung Bupati Garut, Rudy Gunawan didampingi Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna dan beberapa pejabat Kemenag Garut.

Secara simbolis, prosesi pelepasan ratusan jemaah haji dilakukan Bupati Garut dengan mengibarkan bendera hijau berlogo Kemang,dari atas ‘Babancong’ di kompleks Pendopo Garut, Selasa (9/72019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan selamat kepada para jamaah yang telah mampu untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima.

” Selamat menjalankan ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam yang kelima,” ungkapnya.

Diharapkannya, seluruh jemaah haji yang akan menjalankan ibadahnya di tanah suci selalu diberi kesehatan. Dengan demikian para jamaah bisa melaksankan syarat-syarat wajib haji dan sunahnya juga dapat dilaksanakan.

” Semoga seluruh calon jemaah yang berangkat tahun ini menjadi haji yang mabrur,” tandasnya

Bupati juga berpesan, agar para jemaah haji dari Garut untuk berdoa di tempat-tempat yang mustajab, seperti di Arafah, Madinah dan yang lainnya.

”Semoga kita semua warga kabupaten Garut selalu mendapatkan perlindungan dari Alloh SWT,” katanya.

Rudy meenjelaskan, tahun ini (2019) Kabupaten Garut mendapat tambahan kuota jemaah haji sebanyak 300 orang. Dengan demikian ada 60 jemaah yang lanjut usia bisa berangkat haji tahun ini.

”Seluruh biaya pemberangkatan dan akomodasi selama pemberangkatan ditanggung oleh Pemkab Garut. Pengadaan bis dan makan selama diperjalanan dari Garut sampai ke Pondok Haji ditanggung Pemkab Garut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kabupaten Garut, H. Undang Munawar menjelaskan, untuk kloter pertama kabupaten Garut atau Kloter 14 Jawa Barat diberangkatkan 404 calon jemaah haji dan 6 petugas haji. Jumlah seluruhnyam jelaah haji sebanyak 1930 jemaah. Rencananya jemaah haji kloter pertama asal Garut akan bertolak ke Saudi Arabia, hari  Rabu (10/7/ 2019)

” Untuk kepulangan para jemaah haji asal Garut, direncanakan akan tiba kembali ke Indonesia pada tanggal 21 Agustus 2019 medatang,” ujat Undang. (*)

Penulis : Tim GE

Editor  : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here