Segera Dilantik, Puluhan Anggota DPRD Garut Baru Harus Lengkapi Persyaratan

ilustrasi.net

garutexpress.id- Puluhan calon anggota DPRD Garut yang terpilih lagi pada Pileg 17 April 2019 lalu segera dilantik. Namun sebelum dilantik mereka harus melengkapi sejumlah persyaratan.

Menurut anggota Komisi III DPRD Garut, Enan, ada 50 orang caleg yang bersiap dilantik dan ditetapkan menjadi anggota DPRD Garut yang baru.

“Kelima puluh anggota (DPRD) terpilih tersebut kini sedang melengkapi beberapa persyaratan,” ujar politisi partai Gerindra yang dalam Pileg tahun ini kembali terpilih untuk menduduki kursi DPRD Garut, Kamis (11/7/2019).

Enan menyebut, di anatara persyarakat yang harus ditempuh para Caleg ini semisal medical chek up di RSU dr.Slamet Garut, tes bebas narkoba, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), dan surat dari pengadilan.

“Ya, persyaratan itu seperti halnya akan mencalonkan anggota DPRD Juli lalu,” katanya.

Dijelaskannya, masa berakhirnya anggota DPRD Garut tinggal satu bulan lagi. Namun ada beberaga kegiatan yang belum tuntas, di antaranya sekali lagi rapat paripurna, kegiatan di komisi komisi, banggar, dan lainnya.

“Kemarin bimtek terakhir selama tiga hari di Bandung. Dan itu diikuti seluruh anggota, baik yang terpilih maupun yang tidak. Bimtek itu kan sudah terjadwalkan jadi tetap harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Enan menambahkan, kendati 50 caleg terpilih belum secara resmi ditetapkan pihak KPUD Garut, namun para anggota dari beberapa partai politik sudah mengetahui siap siapa saja yang terpilih.

“Para anggota terpilih dari masing-masing partai juga sudah menyiapkan segalanya untuk pelantikan. Selain syarat tadi juga pakaian. Ini hari terakhir segala kelengkapan harus beres termasuk pengukuran stelan jas,” tukasnya.

Kegiatan para legislator di DPRD Garut untuk satu bulan kedepan bekerja seperti biasa. Bagi anggota DPRD yang tidak terpilih lagi, atau yang habis masa jabatannya tetap harus memenuhi keajibannya, karena SK masa jabatan anggota DPRD sampai tanggal 13 Agustus 2019.

“Bagi anggota DPRD yang tidak terpilih lagi tetap harus mengikuti kegiatan yang sudah terjadwalkan. Termasuk bagi anggota DPRD Garut yang terpilih ke Provinsi pun sama. Jadi bagi yang tidak terpilih lagi harusnya jangan bolos karena SK masa jabatan sampai 13 Agustus,” tandasnya. (*)

Penulis : Tim GE

Editor  : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here