Saka Bakti Husada Selaawi Siap Jadi Pramuka Handal Bidang Kesehatan

garutexpress.id- Saka Bakti Husada Kecamatan Selaawi angkatan ke-1, kini sudah terbentuk.  Anggota pramuka yang tergabung dalam Saka Bakti Husada ini merupakan anggta pramuka yang berasal dari beberapa sekolah se Kecamatan Selaawi.

Saka Bakti Husada sendiri adalah salah satu saka dari beberapa saka yang ada di dalam pramuka Indnesia. Saka Bakti Husada bisa dikatakan suatu wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan memberikan kesempatan untuk membktikan diri di tengah-tengah masyarkat dalam bidang kesehatan.

Aceng Turmudi, salah seorang pembina Saka Bakti Husada, yang juga Kepala Puskesmas Selaawi mengatakan, saat ini sebanyak 36 anggota Saka Bakti Husada akan diberikan pengetahuan tentang kesehatan sesuai dengan krida-krida yang ada di dalam Saka Bakti Husada.

“Krida-krida tersebut meliputi krida bina lingkungan sehat, krida bina keluarga sehat, krida penanggulangan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat dan krida Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ungkapnya, Minggu (28/7/2019).

Diharapkannya, anggota Saka Bakti Husada di Keamatan Selaawi bisa menimba ilmu tentang kesehatan dan menerapkannya di masyarakat.

Sementara itu, Ketua Kwarran Kecamatan Selaawi, Entang Supriatna S.Pd SD menyambut baik rencana kegiatan pemberian materi kesehatan kepada anggta Saka Bakti Husada.

Menurutnya, selain bisa faham tentang pentingnya kesehatan diri pribadi, dengan bekal keilmuan tentang kesehatan tersebut, Saka Bakti Husada diharapkan bisa menjadi kader teladan mengenai kesehatan di tengah-tengah masyarakat.

“Saka Bakti Husada ini kan anggotanya masih muda-muda, berasal dari anggota pramuka yang sudah berada di tingkat penegak dengan usia 1 hingga 6 tahun. Jadi sangat potensial,” ungkapnya.

Rencananya, pembekalan materi kesehatan kepada anggota Saka Bakti Husada ini akan dilaksanakan rutin setiap satu bulan sekali. Anggota Saka Bakti Husada Kecamatan Selaawi angkatan ke-1 secara resmi dilantik di Aula Kecamatan Selaawi. Prosesi pelantikan juga dihadiri oleh Camat Selaawi, Ridwan Effendi beserta unsur Forkopincam Selaawi, Kabupaten Garut. (*)

Penulis : Useu G Ramdani

Editor   : ER

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here