Persiapan DOB Garsel, Gedung Pendopo Segera Dibangun di Mekarmukti

PANORAMA alam pesisir Pantai Cicalobak di kawasan Kecamatan Mekarmukti,, Kabupaten Garut./ foto: ISTIMEWA.***

garutexpress.id- Menyosong berdirinya kabupaten baru di kawasan Garut selatan yang digadang-gadang akan terwujud di tahun 2020, sejumlah tokoh Garsel (Garut selatan) pun menyambutnya dengan antusias.

Ketua Dewan Penasehat Presedium Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Garut Selatan (Garsel), Suryaman Anang Suatma, memberikan apresiasi kepada Bupati Garut Rudy Gunawan, yang akan membangun Gedung Pendopo di Kecamatan Mekarmukti sebagai persiapan terbentuknya DOB.

“Pernyataan Bupati itu perlu ditindaklanjuti untuk meluruskan informasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam rangka persiapan pembentukan daerah otonomi baru. Saya atas nama warga memberikan apresiasi terhadap Bupati,” pungkasnya.

Ia menuturkan, pemekaran Garut Selatan berpedoman kepada amanat Presiden (ampres) sebagaimana persiapan di tiga kabupaten lainnya, yakni Sukabumi, Bogor, dan Garut.

Menurutnya, perubahan regulasi atau undang-undang terbaru mengacu pada undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah sebetulnya tidak banyak perubahan hanya me-riview beberapa bagian.

“Inti permasalahan sama hanya ada perubahan pengistilahan bahasa. Memang kajian yang ada perlu adanya review salah satunya secara administratif,” ujarnya.

Suryaman menyebutkan, pembagian wilayah itu terutama desa, jumlah penduduk, pengembangan insfratukrur atau perubahan karena alam, karena sistem, dan kebijakan-kebijakan yang bersikap strategi yang berkaitan dengan pola tata ruang.

“Pada prinsipnya akidah dari undang undang dan kajian sama secara aturan hanya sedikit perubahan sistem. Salah satu contoh kabupaten hanya menyampaikan kajian dasar beberapa kondisi eksisting disampaikan kepada pemerintahan provinsi. Dan untuk kajian strategi termasuk desertada itu dilakukan oleh pemerintahan pusat dengan pelaksana lembaga independen,” bebernya.

Menurut Suryaman, persiapan untuk Garut itu sendiri memang benar apa yang disampaikan Bupati Garut Rudy Gunawan disejumlah media. Hanya saja perlu adanya persiapan persiapan konferensif baik itu pemerintah, masyarakat, dan para tokoh lainnya.

“Hanya yang lebih utama persiapan pengembangan suatu kawasan yang berbasis pembangunan wilayah tentunya harus terencana dan tertuang dalam RPJMD termasuk dalam persiapan perencanaan penataan kawasan termasuk rencana kawasan ibukota harus tercantum dan tersirat dalam RT/RW,” pungkasnya. (*)

Penulis : Alle
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here