Partai Puncak Piala Afrika 2019, Aljazair Vs Senegal Siap Bertarung di Kairo

BEK Timnas Senegal Cheikhou Kouyate merayakan kemeangan timnya bersama pelatihnya Aliou Cisse di Piala Afrika 2019/ Foto: Khaled Desouki / AFP.***

garutexpress.id- Setelah mengalahkan lawan-lawannya dengan skor tipis di partai semi final, Senegal akan bertempur dengan Aljazair pada grand final Piala Afrika 2019. Rencananya partai puncak tersebut akan digelar di Stadion Internasional Kairo, Mesir pada 19 Juli 2019 nanti.

Dalam partai semi final, Senegal lebih dulu memastikan langkah mereka ke partai puncak turnamen dua tahunan tersebut. Skuat asuhan Aliou Cisse melangkah ke final usai mengalahkan Tunisia 1-0 di Stadion 30 Juni, Kairo, Minggu (14/7/2019) waktu setempat.

Senegal harus melewati babak perpanjangan waktu untuk bisa mengatasi perlawanan Tunisia. Les Lions de la Teranga harus berterima kasih kepada bek Tunisia, Dylan Bronn, yang mencetak gol bunuh diri pada menit ke-101.

Sebelum gol itu, duel kedua tim berjalan ketat, sehingga dalam rentang 90 menit waktu normal tak satupun gol tercipta. Pertarungan kedua tim ini, bukan tanpapelung. Sebenarnya Senegal dan Tunisia memilik beberapa kesempatan emas untuk menceploskan si kulit bundar ke gawang lawan.

Tunisia punya peluang lebih dulu lewat eksekusi penalti Ferjani Sassi pada menit ke-75. Namun, tendangan penalti pemain Zamalek itu bisa digagalkan Alfred Gomis.

Enam menit berselang giliran Senegal yang mendapatkan hadiah penalti setelah Bronn mengganjal Mbaye Diagne di kotak terlarang. Sialnya Henri Saivet yang jadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya.

Beruntung Senegal tetap bisa memastikan kemenangan setelah eksekusi bola mati yang dilakukan salah satu pemain mereka mengenai wajah Bronn dan masuk ke gawang Tunisia.
Sukses Senegal melenggang ke final berhasil diikuti Aljazair usai menang tipis 2-1 atas salah satu tim favorit juara, Nigeria di Stadion Internasional Kairo.

Di laga ini, Aljazair unggul lebih dulu 1-0 setelah bek Nigeria, William Troost-Ekong, mencetak gol ke gawang sendiri pada menit ke-40.

Nigeria tidak menyerah begitu saja hingga akhirnya mendapatkan hadiah penalti karena pemain Aljazair, Aissa Mandi, menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti.

Odion Ighalo yang bertugas sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna. Tendangannya ke pojok kanan gawang tidak bisa dicegah Rais M’Bolhi.

Skor 1-1 membuat tempo permainan kedua tim semakin meningkat namun tidak kunjung ada gol yang tercipta mendekati akhir babak kedua. Saat pertandingan diperkirakan akan berlanjut ke babak perpanjangan waktu, winger Aljazair Riyad Mahrez membuat skor jadi 2-1 lewat golnya pada masa injury time.

Tendangan bebas Mahrez yang mengarah ke pojok kiri gawang berhasil menggetarkan gawang Nigeria yang dikawal Daniel Akpeyi. Skor 2-1 bertahan hingga babak kedua berakhir. (*)

Sumber  : cnnindonesia

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here